Hikmah Ramadan: Donasi Netizen Akan Mengantar Ibu Saeni Pergi Umrah!

Yang nyinyir kemarin mana suaranya?

Ibu Saeni, pemilik warung makan yang dirazia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Serang, Banten tak menyangka bahwa dia akhirnya bisa mendulang hikmah di balik musibah yang menimpanya. Tidak hanya mendapatkan simpati dari berbagai pihak, namun dia juga sumbangan mengalir dari orang-orang yang prihatin dengan kondisi Ibu Saeni.

Ibu Saeni akhirnya menerima dana dari penyumbang sebanyak 265 juta rupiah. Dana tersebut nantinya akan diserahkan langsung ke kuasa hukum Ibu Saeni, Evy Shofawi Haiz. Uang ini merupakan sumbangan dari netizen yang diinisiasi oleh Dwika Putra di KitaBisa.com.

Hikmah Ramadan: Donasi Netizen Akan Mengantar Ibu Saeni Pergi Umrah!liputan6.com

Dana bantuan tersebut merupakan amanah dan berkah dari para netizen untuk ibu Saeni. Dalam waktu dekat, Ibu Saeni akan berangkat umrah bersama suaminya. Dan untuk ke depannya, pasalnya Ibu Saeni tidak akan berjualan lagi selama bulan Ramadan.

Saeni mendapat dana dengan rincian pos pembagian 10 juta rupiah untuk pembayaran hutang, 12 juta rupiah untuk ditransfer ke tabungan pribadinya bila ada keperluan dana darurat. Sebanyak 24 juta rupiah dibuatkan dalam bentuk deposito, 13 juta rupiah untuk biaya kuliah putra bungsunya dan 50 juta rupiah untuk ongkos umrah.

Hikmah Ramadan: Donasi Netizen Akan Mengantar Ibu Saeni Pergi Umrah!kitabisa.com/bueni

Selain itu, 1,8 juta rupiah juga akan dibayarkan untuk BPJS Bu Saeni, suami dan anaknya selama dua tahun. Sedangkan 40,8 juta rupiah akan dibuatkan untuk deposito jangka panjang. Penerimaan donasi tersebut juga disaksikan oleh beberapa orang saksi.

Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Provinsi Banten M Basri mengatakan, tindakan Satpol PP Kota Serang mengamankan makanan dari warung milik Ibu Saeni, Rabu 8 Juni lalu adalah untuk memberi efek jera. Menurutnya, peraturan daerah (Perda) dibuat untuk dilaksanakan. Basri mengemukakan pendapatnya, karena tindakan Satpol PP didasari aturan yang jelas. Yaitu Perda Kota Serang Nomor 2 Tahun 2010 tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit Masyarakat.

Dwika berharap donasi ini tepat sasaran.

Hikmah Ramadan: Donasi Netizen Akan Mengantar Ibu Saeni Pergi Umrah!jawapos.com

Bantuan itu diberikan langsung oleh Dwika Putra, selaku koordinator pengumpul dana di media sosial, kepada Saeni melalui Bank BRI kantor cabang Serang, Rabu, 15 Juni 2016. Ibu empat anak ini menuturkan uang yang sudah dia terima akan digunakan untuk beribadah ke tanah suci, modal usaha, serta tabungan untuk kesehatan dan pendidikan anaknya.

Dwika mengatakan bantuan tersebut diberikan atas nama kemanusiaan. Menurutnya, kegiatan bersama netizen ini tidak ada hubungannya dengan isu SARA. Dia berharap bantuan yang diberikannya ini bisa tepat sasaran dan juga tepat manfaat untuk Saeni dan keluarganya.

Hikmah Ramadan: Donasi Netizen Akan Mengantar Ibu Saeni Pergi Umrah!indoberita.com

Terkait dengan aksinya yang menimbulkan polemik, Dwika bersama sejumlah rekannya menyatakan hanya bergerak spontan karena alasan kemanusiaan. Saat di bank untuk pencairan, Eni yang ditemani oleh suaminya Alek, langsung sujud syukur atas rezeki yang mereka terima.

Baca Juga: Hasil Sidang Pertama Jessica: Motif Pembunuhan Mirna Perlahan Terungkap!

Topik:

Berita Terkini Lainnya