Dihadiri Anies dan Tommy Soeharto, Milad FPI Malah Tanpa Rizieq

Akan tetap berceramah via skype

Ada yang beda dari perayaan ulang tahun Front Pembela Islam (FPI) pada Sabtu pagi, (19/8). Organisasi yang dibentuk tahun 1998 ini merayakan hari jadinya tanpa kedatangan sang pendiri, Rizieq Shihab.  Peringatan hari ulang tahun FPI ke-19 ini dipusatkan di Lapangan Kamal Muara Jakarta dengan jumlah massa yang dikerahkan mencapai 10 ribu orang.

Dihadiri Anies dan Tommy Soeharto, Milad FPI Malah Tanpa RizieqDarmawan/Viva.co.id

Kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengatakan bahwa kliennya saat ini masih berfokus pada persiapan ibadah haji. Dia memperkirakan bahwa kliennya akan pulang ke tanah air pada bulan depan. Kemungkinan, jika tidak akhir September atau pertengahan Oktober 2017.

Rizieq akan tetap memberikan ceramah melalui media sosial.

Dihadiri Anies dan Tommy Soeharto, Milad FPI Malah Tanpa RizieqKurniawan Mas'ud/Suara.com

Dalam milad kali ini, Rizieq juga dikabarkan akan memberikan ceramah melalui media sosial, kemungkinan melalui Skype atau media sosial yang lain. Sugito pun mengimbau untuk tidak ada paksaan dari pihak manapun supaya Rizieq datang dalam acara ultah FPI kali ini. 

Baca juga: Tanggapan Tim Sukses Anies-Sandi Soal Janji Politik FPI & Perda Syariat Islam.

Dihadiri Anies.

Dihadiri Anies dan Tommy Soeharto, Milad FPI Malah Tanpa RizieqAndreas Lukas Altobeli/Kompas.com

Acara kali ini juga dimeriahkan dengan kehadiran dari Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan. Dalam kesempatan kali ini, Anies memberikan sambutan melalui pengeras suara dan menyinggung isu kebhinnekaan di Tanah Air. Anies meminta kepada siapapun yang hadir dalam acara milad ke-19 tersebut untuk berkomitmen menjaga NKRI. Tak lupa Anies mengucapkan terima kasih kepada pimpinan FPI dan meminta semua pihak untuk menjaga amanah di pundak masing-masing. Selain Anies, Tommy Soeharto juga tampak dalam acara itu.

Di tempat lain, Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono mengatakan bahwa acara ulang tahun kali ini dijaga ketat oleh aparat yang berwajib. Jumlah personel polisi yang dikerahkan juga rencananya akan berimbang dengan massa.

Baca juga: HTI Dibubarkan, FPI: Kami Berbeda. 

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Rappler.com I

Topik:

Berita Terkini Lainnya