FPI Demo di Depan Mabes Polri, Ini yang Mereka Inginkan

Aksi ini merupakan buntut dari kerusuhan FPI dengan GMBI pekan lalu

Massa Front Pembela Islam (FPI) ramai-ramai menyerbu Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, hari ini Senin 16 Januari 2017. Massa tersebut menuntut supaya Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan dari jabatannya. Mereka menuding Anton sebagai dalang pecahnya kerusuhan antara FPI dan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Bandung, Jawa Barat, pada pekan lalu. Kerusuhan itu diduga dipicu oleh penusukan terhadap anggota FPI oleh anggota GMBI. Tak terima dengan penusukan itu, sekelompok massa yang diduga dari FPI kemudian membakar markas LSM tersebut.  

FPI Demo di Depan Mabes Polri, Ini yang Mereka InginkanFahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO

Aksi dipimpin langsung oleh Rizieq Shihab.

FPI Demo di Depan Mabes Polri, Ini yang Mereka InginkanWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Dikutip Viva.co.id, (16/1), massa FPI memulai perjalanannya dari Masjid Al Azhar sekitar pukul 10.45 WIB. Demo ini dipimpin langsung oleh Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. Saat memimpin aksi, Rizieq nampak beberapa kali memekikkan takbir dan shalawat melalui pengeras suara.

Nampak peserta aksi demo ini juga mengikuti takbir dan shalawat tersebut. Demo ini pun mengakibatkan Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Trunojoyo ditutup. Massa yang berdemo juga membawa bendera dan spanduk yang berisi tuntutan mereka.

Baca juga: Plat Nomor B 8 FPI yang Jadi Viral di Medsos, Ternyata Ini Sejarahnya!

Aksi demo tersebut berjalan dengan damai. Tentara wanita berhijab hitam juga disiagakan di beberapa titik di kawasan Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.  Selain itu, tujuh mobil water canon juga nampak disiapkan untuk menjaga dari hal-hal yang tak diinginkan. Ratusan personil polisi juga berbaris rapi di beberapa titik menuju jalan Trunojoyo.

Setelah puas menyuarakan aspirasinya, para pendemo membubarkan diri.

FPI Demo di Depan Mabes Polri, Ini yang Mereka InginkanWahyu Putro A./ANTARA FOTO

Setelah puas berdemo, sejumlah massa FPI ini pun memutuskan untuk membubarkan diri. Pembubaran ini lebih cepat dari yang diperkirakan.

Wakapolres Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Johanson Ronald Simamora sebelumnya meminta kepada massa unjuk rasa untuk mematuhi aturan melakukan aksi dengan tidak melewati batas jam unjuk rasa pada pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Juru Bicara TNI Sebut Latihan Bela Negara untuk FPI adalah Blunder

Topik:

Berita Terkini Lainnya