Sambil Gendong Anak, Emak-emak Ikut Bangun Jalan Desa

The power of emak-emak

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari emak-emak. Ibu-ibu dari Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan ini misalnya. Menyadari betapa bobroknya jalan di desa, mereka memilih turun tangan. Bukan menyediakan minuman dan makanan, mereka ikut membangun jalan.

Sambil Gendong Anak, Emak-emak Ikut Bangun Jalan DesaBambang F./fokusjabar.com

Dikutip dari Liputan6.com, (26/7), mereka tampak ikut berkotor-kotoran tangan untuk membangun jalan penghubung antar desa. Bahkan, salah satu ibu terlihat ikut bergotong royong sambil menggendong anaknya. Sang ibu mengaku terpaksa membawa si anak karena tidak ada yang menjaga anaknya di rumah.

Capeknya hanya sehari, tapi jalannya bisa digunakan dalam waktu lama.

Sambil Gendong Anak, Emak-emak Ikut Bangun Jalan Desagoldenways.id

Emak-emak ini bekerja dengan penuh semangat karena mereka menyadari capek yang dirasakan hanya untuk sesaat. Keringat yang mereka keluarkan sehari akan berbuah jalan desa yang bisa digunakan bertahun-tahun.  Gotong royong ini sebenarnya merupakan bagian dari peringatan acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Desa Karangsari. Mereka tentu dibantu oleh para pekerja pria serta puluhan tentara.

Baca Juga: Longsor Jawa Tengah: Warga dan Tim SAR Gotong Royong Mencari Korban. 

Pihak penyelenggara berharap gotong royong ini bisa membawa berkah jangka panjang.

Sambil Gendong Anak, Emak-emak Ikut Bangun Jalan Desagrobogantoday.com

Komandan Kodim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning menyadari bahwa jalan yang dibangun oleh warga ini belum sempurna, namun dia meyakini manfaatnya akan terus dirasakan baik itu dari segi ekonomi maupun sosial. 

Tak hanya perbaikan jalan, Piter mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh warga desa tersebut juga menjadi cara agar semangat gotong royong yang mulai luntur, bisa kembali terpupuk. 

Baca Juga: Sandiaga Keluarkan Uang Pribadi Rp 34 Miliar, Timses Ahok: Tak Gotong Royong. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya