Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!

Unggahan itu dinilai tidak etis

Ada yang menarik dari akun instagram resmi Dewan Perwakilan Rakyat, @DPR_RI. Sebuah unggahan yang dikirim pada hari Rabu 19 Juli 2017, berisi kritikan terhadap kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/dpr_ri

Foto itu bertuliskan "KPK Kerjanya Nguping" yang mengutip dari pernyataan Koordinator Komite Aksi Pemantau Hak Angket KPK (Kompak), M Amin Fahrudin. Ada makna tersirat yang ingin diungkapkan DPR dalam kutipannya tersebut, yakni menyinggung tindak penyadapan yang dilakukan KPK yang berujung pada Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/dpr_ri

Tak hanya satu, ada juga unggahan lain yang bertuliskan "Mega Korupsi KPK Diam Saja". Kalimat itu dikutip dari siaran pers Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait indikasi kerugian keuangan negara akibat kasus yang menimpa Pelindo II.

Baca Juga: Renovasi Gedung DPR, Perlukah Dilakukan?

Sejumlah netizen pun ramai berkomentar.

Instagarm resmi DPR itu pun banjir komentar dari netizen atau warganet. Meski banyak yang mencibir, tak sedikit pula yang mendukung.  Sejumlah netizen menilai bahwa secara kinerja DPR tak lebih baik dari KPK. Berikut adalah komentar netizen terkait postingan tersebut:

Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/rohman018
Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/ranggadw__

 

Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/shresta_ista
Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/yourlove00000
Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/davidlim10

Unggahan di Instagram DPR dinilai tidak etis.

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz menyatakan bahwa unggahan dalam akun Instagram tersebut merupakan tindakan tak etis. Hal ini juga menunjukan bahwa DPR terkesan menyerang KPK yang tengah bekerja membongkar skandal kasus korupsi e-KTP.

Instagram DPR: KPK Kerjanya Nguping!instagram.com/dpr_ri

Selain itu, dia juga menilai bahwa Koordinator Kompak, M Amin Fahrudin adalah sosok kepercayaan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang paling rajin mengkritik KPK. Jadi menurutnya tidak heran jika ada kesan pernyataan tersebut mewakili politisi-politisi yang tidak senang terhadap KPK.

Sementara itu, Kepala Biro Pemberitaan DPR, Djaka Dwi Winarko mengkonfirmasi adanya postingan di Instagram DPR tersebut.  Pihaknya mengklaim bahwa kutipan di instagram tersebut merupakan suara yang juga disalurkan oleh pihak masyarakat. Jadi tidak benar jika postingan tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyerang KPK.

Baca Juga: Meski Masih Muda, 10 Anggota DPR Ini Telah Menjadi Penyambung Suara Rakyat di Senayan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya