Dipecat! PKS Beberkan "Dosa-dosa" Fahri Hamzah

Tak mengindahkan anjuran partai, Fahri Hamzah dipecat PKS

Kabar pemecatan Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memang mengejutkan banyak pihak. Banyak orang berspekulasi penyebab dirinya dikeluarkan dari partai.

Namun, akhirnya alasan pemecatan Fahri Hamzah dari PKS terungkap. Pada Senin (4/4) PKS telah memberikan penjelasan soal pemecatan Fahri Hamzah, kader PKS yang menjabat sebagai wakil ketua DPR. Penjelasan tersebut mereka sampakian pada website resmi PKS. Pada penjelasan tertulis tersebut, Fahri disebut kerap tak menjalankan amanah partai. Dia bahkan berkali-kali mangkir dari sidang Majelis Tahkim PKS.

Dipecat! PKS Beberkan Dosa-dosa Fahri HamzahSumber Gambar: dakwatuna.com

Hal ini membuktikan bahwa pemecatan Fahri bukan tanpa alasan jelas. PKS membuat banyak daftar pembangkangan yang dilakukan Fahri selama menjabat sebagai Pimpinan DPR. Fahri juga terkenal sebagai sosok yang ceplas ceplos saat memberi pernyataan. Padahal dirinya telah diperingatkan oleh partai sejak tahun lalu. Dia diminta menyesuaikan diri dengan kebijakan PKS sebagai partai dakwah yang disiplin dan santun. Fahri seharusnya mengikuti arahan partai dalam menyampaikan pendapat ke publik supaya tidak menimbulkan kontroversi.

Dipecat! PKS Beberkan Dosa-dosa Fahri HamzahSumber Gambar: detik.com

Teguran dari partai sudah dilakukan beberapa kali. Akan tetapi, teguran dan pemanggilan oleh petinggi PKS tersebut diabaikan oleh Fahri. Fahri pun diminta untuk mengundurkan diri karena pilihan lain yang tersedia hanyalah pemecatan oleh DPP. Sebelumnya, pria kelahiran Sumbawa ini sudah berjanji akan mengundurkan diri pada pertengahan Desember 2015. Akan tetapi pria 44 tahun ini ingkar janji. Hal inilah yang membuat para petinggi PKS mau tak mau harus mengambil langkah tegas yaitu melakukan pemecatan terhadap Fahri Hamzah. Surat pemecatannya pun telah beredar di media sejak beberapa hari lalu.

Baca Juga: Terbiasa Hidup Mewah, Ini Kehidupan M Sanusi di Penjara.

Apa saja daftar kesalahan fatal yang dilakukan oleh Fahri Hamzah sampai membuat PKS memecatnya?

Dipecat! PKS Beberkan Dosa-dosa Fahri HamzahSumber Gambar: liputan6.com

PKS telah mencatat sejumlah kesalahan fatal yang dilakukan Fahri. Kesalahan tersebut tetap dilakukannya meski teguran keras telah diberikan. Dalam pernyataan tersebut, pihak partai menjelaskan secara lengkap kronologi dan alasan pemecatan Fahri Hamzah. Berikut beberapa cuplikannya.

"Beberapa pernyataan FH yang kontroversial, kontraproduktif dan tidak sejalan dengan arahan Partai saat itu antara lain;

(1) Menyebut ‘rada-rada bloon’ untuk para anggota DPR RI. Pernyataan ini diadukan oleh sebagian anggota DPR RI ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan dikemudian hari FH diputus oleh MKD melakukan pelanggaran kode etik ringan.;

(2) Mengatasnamakan DPR RI telah sepakat untuk membubarkan KPK;

(3) Pasang badan untuk 7 (tujuh) proyek DPR RI yang mana hal tersebut bukan merupakan arahan Pimpinan Partai.

"Pada sidang ketiga Majelis Tahkim tanggal 11 Maret 2016, setelah menimbang dan memperhatikan berbagai hal terkait dengan rekomendasi BPDO atas perkara Teradu dan penyikapan Teradu terhadap proses persidangan Majelis Tahkim, maka Majelis Tahkim memutuskan melalui putusan No.02/PUT/MT-PKS/2016 menerima rekomendasi BPDO yaitu memberhentikan Saudara FH dari semua jenjang keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera."

Baca Juga: Pejabat PKS Fahri Hamzah Dipecat!

Topik:

Berita Terkini Lainnya