Demi Sapi Kurban Jokowi, Pria Ini Rela Tidur di Kandang

Bobotnya 1,1 ton dan harganya Rp 60 juta.

Baru-baru ini, publik digemparkan dengan kisah Saeman, peternak sapi asal Kecamatan Wononomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pria ini mendadak terkenal karena sapi peliharaannya dibeli oleh Presiden Joko Widodo. Sapi tersebut bukanlah sapi biasa. Sapi yang dibeli Jokowi adalah sapi kesayangan Saeman yang memiliki bobot 1,1 ton dengan harga Rp 60 juta. Rencananya, sapi ini akan disembelih saat Idul Adha nanti.

Mengetahui sapinya dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia, Saeman pun tidak sembarangan dalam menjaganya. Pria ini rela menjaga sapi pesanan Jokowi ini 24 jam non stop. Diberitakan Kompas.com, (30/8), cerita tentang Saeman ini pun membuat heboh warga sekitar. Kandang sapi milik Saeman kini kian ramai dikunjungi warga yang penasaran.

Rela tidur di kandang sapi.

Demi Sapi Kurban Jokowi, Pria Ini Rela Tidur di KandangJunaedi/Kompas.com

Selain menjaga selama 24, Saeman juga rela bermalam di kandang sapi miliknya. Dia kini bahkan semakin selektif dalam menerima tamu yang datang ke rumahnya. Hal ini dia lakukan demi keamanan sapi yang diberinya nama “Kliwon Utu”. 

Kebanggaan tentunya amat dirasakan Saeman. Bukan karena sapinya dibeli dengan harga mahal. Tapi dia senang karena yang membelinya bukan orang sembarangan, yakni Presiden Jokowi.  Yang utama lagi adalah, tidak ada sapi di wilayah Sulbar yang pernah dibeli seorang presiden selain miliknya.

Baca juga: Edisi Idul Adha: Apa yang Harus Kamu Korbankan Tahun Ini?

Kepala Bidang Peternakan dan Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Polewali Mandar, Kaharuddin mengatakan bahwa Saeman hanya satu dari sekian banyak peternak sapi sukses di daerahnya. menurut dia, di Polewali Mandar cukup banyak lokasi penggemukan sapi. Namun, diakuinya bahwa sapi milik Saeman adalah yang terbaik. 

Semenjak sapinya dibeli Jokowi, Saeman kebanjiran tawaran investor.

Demi Sapi Kurban Jokowi, Pria Ini Rela Tidur di KandangNurkozim/Radar Bojonegoro via JPNN.com

Dibelinya sapi tersebut juga membuka berkah bagi Saeman. Kini namanya kian dikenal banyak orang. Bahkan, pria ini tengah mempertimbangkan tawaran kerja sama dari sejumlah investor yang hendak menanamkan modal usaha penggemukan sapi di kandang miliknya.

Saeman sendiri mengakui bahwa sapi jumbo tersebut sebetulnya sudah ditawar beberapa kali oleh pembeli dengan harga yang kompetitif. Tetapi Saeman enggan menjualnya karena ingin memeliharanya lebih lama. Hingga akhirnya Presiden Jokowi datang dan membeli sapinya. Dia pun merelakan sapinya untuk dijual ke orang nomor satu di Indonesia itu.

Baca juga: 7 Makanan Favorit Khas Idul Adha, Enak Banget!

Topik:

Berita Terkini Lainnya