Daftar Sekolah, Remaja Ini Gunakan Koin Tabungan Sejak SD

Tekad yang kuat dan keinginan untuk berjuang.

Beberapa waktu yang lalu, foto seorang remaja yang sedang menghitung tumpukan uang koin, viral di media sosial. Sekilas tak ada yang aneh dalam foto tersebut, namun ada kisah yang menyentuh hati di baliknya.

Kisah itu tak lain adalah kegigihan siswa yang bernama Duta tersebut untuk mendapatkan pendidikan layak. Tumpukan koin itu ternyata adalah uang yang akan digunakannya untuk mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) MAN I Payaman, di Kota Magelang.

Daftar Sekolah, Remaja Ini Gunakan Koin Tabungan Sejak SDIka Fitriana/Kompas.com

Di hadapan seorang guru menemaninya menghitung, alumni MTs Negeri Kota Magelang ini bercerita banyak tentang perjuangannya mendapatkan ratusan pecahan uang koin tersebut.

Dari mana bocah ini mendapatkan uang tersebut?

Daftar Sekolah, Remaja Ini Gunakan Koin Tabungan Sejak SDtribunnews.com

Pengakuan mengejutkan pun diungkapkan Duta. Menurut dia, ratusan koin itu adalah hasil tabungan yang dikumpulkannya sejak kelas 6 SD. Hal itu terpaksa dilakukannya karena dia tak berasal dari keluarga berada.

Duta tinggal bersama ayah dan neneknya. Sang ayah, hanyalah seorang tukang parkir di RS Tentara dr Soedjono Kota Magelang. Sedangkan sang nenek juga tak lagi bisa bekerja. Adapun ibu Duta telah lama berpisah dengan ayahnya dan sudah memiliki keluarga baru di Bandung, Jawa Barat.

Kepada guru yang menerimanya, Duta mengatakan bahwa empat tahun lamanya dia mengumpulkan koin itu dari hasil menyisihkan uang saku. Setiap harinya, Duta mengaku mendapatkan uang saku Rp 10.000 hingga Rp 12.000. Uang tersebut kemudian dia tabung Rp 5.000 hingga Rp 7.000. Dia mengaku jarang menghabiskan uangnya untuk jajan.

Baca Juga: VIRAL: Grogi, Anak SD Ini Salah Sebut Nama Ikan di Depan Pak Jokowi. 

Sekolah akhirnya memberikan keringanan kepada Duta.

Daftar Sekolah, Remaja Ini Gunakan Koin Tabungan Sejak SDAzka Ramadhan/Tribunnews.com

Melihat perjuangan Duta yang luar biasa, sekolah pun akhirnya memutuskan membebaskan Duta dari keharusan membayar biaya seragam. Pihak sekolah pun meminta agar uang senilai Rp 1,5 juta tersebut kembali ditabung untuk keperluan lain yang lebih penting.

Rencananya, Duta akan menggunakan uangnya untuk membeli komputer atau laptop. Bukan tanpa alasan, dia mengaku ingin menjadi Ahli Komputer di masa mendatang. Itu juga yang membuatnya memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Baca Juga: Berkat Kreativitasnya, Anak Kelas 4 SD Ini Raih Omset Hingga 60 Juta Per Bulan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya