Ramai di Google, Kabar B.J. Habibie Meninggal Ternyata Cuma Hoax

Bahkan masuk Google Trends hari ini

Hari ini, media sosial sedang diramaikan dengan kabar miring soal kondisi kesehatan Mantan Presiden RI ke-3 Republik Indonesia B.J. Habibie. Habibie diisukan meninggal dunia. Padahal, sebenarnya Habibie dalam kondisi sehat.

 

Dilansir Liputan6.com, (1/11), mantan menteri riset dan teknologi itu kini tengah berada di Jerman. Twitter resmi @habibiecenter pun juga mengonfirmasi berita tersebut dengan mengatakan bahwa saat ini Habibie sedang dalam keadaan sehat walafiat.

Ramai di Google, Kabar B.J. Habibie Meninggal Ternyata Cuma HoaxDokumen Jawa Pos via jpnn.com

Pernyataan tersebut membantah tudingan bahwa Habibie tutup usia. Hal senada juga diungkapkan operator telepon di kediaman Habibie. Pria yang tidak mau disebut namanya itu menyebut banyak yang menelepon kediaman Habibie yang terletak di Patra Kuningan menanyakan kondisi B.J. Habibie. Dia menegaskan bahwa kabar Habibie tutup usia adalah bohong.

Bahkan berita BJ Habibie meninggal ini masuk dalam daftar berita paling banyak dicari di situs Google.

Ramai di Google, Kabar B.J. Habibie Meninggal Ternyata Cuma Hoaxgoogle.com/trends

Bahkan tadi dapat kabar bahwa Habibie saat ini sedang jalan-jalan. Kabar Habibie meninggal beredar di media sosial medsos dan grup WhatsApp.

Sebuah pesan berantai bertuliskan dibawah ini beredar:

Innalillahi wainaillahi rojiun , ikut berduka cita yg se dalam 2 nya atas meninggalnya bpk Prof . Dr. BJ.Habibi , smg beliau husnul khotimah .Aamiin YRA.”

Yang meninggal bukan Habibie, tapi ayah dari Erick Thohir: Mochamad Thohir bin Abdul Halik .

Ramai di Google, Kabar B.J. Habibie Meninggal Ternyata Cuma Hoaxdcunited.com

Petugas Habibie Center, Mila pun langsung meluruskan kabar tersebut. Saat dikonfirmasi, tokoh yang meninggal bukanlah Habibie, melainkan ayahanda dari pengusaha kondang, Erick Thohir.

Mila menegaskan bahwa yang meninggal itu adalah tetangga dari B.J. Habibie, yaitu ayahanda dari Pak Erick Thohir, Mochamad Thohir bin Abdul Halik. Mila pun menjelaskan bahwa rumah B.J. Habibie memang berdekatan dengan rumah Erick Thohir. Rumah pribadi BJ Habibie terletak di Jalan Patra Kuningan X, Jakarta Selatan, sedangkan rumah pribadi dari Erick Thohir ada di Jalan Patra Kuningan XIII.

Baca Juga: 7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?

Sebelumnya, BJ Habibie juga pernah diisukan meninggal dunia pada Desember 2014, saat mantan presiden itu dirawat di RSPAD akibat sakit keras. Namun, kabar itu langsung dibantah tegas oleh asisten pribadi Habibie, Ruby melalui akun Twitternya.

Beberapa selebriti dan orang-orang berpengaruh juga pernah dikabarkan meninggal.

Ramai di Google, Kabar B.J. Habibie Meninggal Ternyata Cuma Hoaxinstagram.com/fatin30

Kabar kematian hoax sebelumnya juga pernah menimpa orang-orang berpengaruh lainnya. Misalnya adalah Fatin Shidqia Lubis yang sempat dikabarkan meninggal.

Melalui akun Twitternya, Fatin pun langsung mengatakan bahwa dia baik-baik saja. Dari salah satu follower-nya, Fatin diketahui sempat dikabarkan meninggal karena ditabrak. Padahal nyatanya dia baik-baik saja.

Selain itu, kabar mengejutkan juga pernah datang dari dai kondang, Abdullah Gymnastiar. Penceramah yang akrab disapa Aa Gym ini dulu pernah tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia.

Mendengar kabar ini, Aa Gym langsung membagikan video klarifikasinya ke awak media. Di video singkat tersebut, Aa Gym menyampaikan rasa syukur karena kondisinya yang sempat sakit kini sudah membaik. Dia pun berharap kabar duka yang sebelumnya beredar bisa menjadi hikmah untuk mensyukuri nikmat hidup sehat.

Selain itu, ada juga kabar kematian Angelina Jolie karena bunuh diri sempat membuat para fans-nya merasa bersedih. Namun ternyata, kabar itu hanya hoax yang ditulis website abal-abal yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Mabes Polri Bilang Pesan Berantai Kerusuhan 4 November 2016 Adalah Hoax!

Topik:

Berita Terkini Lainnya