2 Tahun Jokowi-JK: Banyak Publik Puas, Citra Presiden Jokowi Makin Melejit!

Perubahan yang dilakukan Jokowi terbukti efektif

Dalam dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla, kepuasan publik atas kinerja pemerintah nampak stabil. Begitu pula dengan popularitas Jokowi.

Dilansir Kompas.com, (21/10), dukungan yang cukup besar dari masyarakat terhadap kinerja pemerintahan dan kesan kuat terhadap sosok presiden dapat menjadi modal untuk mempercepat laju pembangunan bangsa.

2 Tahun Jokowi-JK: Banyak Publik Puas, Citra Presiden Jokowi Makin Melejit!Widodo S. Yusuf/ANTARA FOTO

Baca Juga: Video Ini Memperlihatkan Bule-bule Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan Indah! Bangganya!

Dari hasil survei Litbang, degradasi kepuasan masyarakat pada dua tahun masa pemerintahan berlangsung cukup cepat, seperti terjadi pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid ataupun Megawati Soekarnoputri.

Menginjak 18 bulan masa pemerintahan, kepercayaan masyarakat mulai meningkat seiring dengan beberapa perubahan yang dilakukan Presiden Jokowi. Langkah Presiden untuk kembali melakukan perombakan kabinet pada 27 Juli 2016, dengan melakukan pergeseran dan penggantian sejumlah menteri menjadi angin segar perubahan.

2 Tahun Jokowi-JK: Banyak Publik Puas, Citra Presiden Jokowi Makin Melejit!Widodo S. Yusuf/ANTARA FOTO

Selain itu, masuknya Sri Mulyani Indrawati ke dalam kabinet sebagai Menteri Keuangan segera diikuti dengan langkahnya melakukan efisiensi anggaran di kementerian-kementerian.

Gagasan yang menelurkan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) membuahkan harapan baru bagi perekonomian sehingga per 30 September 2016 pemerintah berhasil menghimpun uang tebusan dari wajib pajak sebesar 89,2 triliun rupiah.

Kesuksesan ini mendorong kepercayaan diri yang tinggi pada pemerintahan, dan publik pun memberikan respons positif yang lebih tinggi pada kinerja kabinet di bidang perekonomian.

Kepercayaan diri pemerintah yang semakin besar juga ditunjukkan dengan langkah berikutnya di bidang hukum. Kasus terbongkarnya pungutan liar (pungli) di Kementerian Perhubungan menjadi momen untuk menegaskan program pemberantasan pungli.

Tren positif untuk Jokowi mencapai 80 persen.

2 Tahun Jokowi-JK: Banyak Publik Puas, Citra Presiden Jokowi Makin Melejit!Widodo S. Yusuf/ANTARA FOTO

Memasuki tahun kedua pemerintahannya, popularitas Presiden Jokowi diprediksi kian linier dengan kinerja kabinetnya. Citra Jokowi menguat secara gradual sejak setahun lalu. Dalam dua tahun terakhir, citra Jokowi menunjukkan tren positif di atas 80 persen.

Berakhir pada angka 91,4 persen pada bulan Oktober 2016. Dengan kata lain, tidak lebih dari 10 persen masyarakat yang menganggap kinerja Jokowi buruk.

Jokowi lebih suka blusukan daripada sibuk rapat dan memeriksa dokumen.

2 Tahun Jokowi-JK: Banyak Publik Puas, Citra Presiden Jokowi Makin Melejit!Widodo S. Yusuf/ANTARA FOTO

Jokowi dikenal sebagai sosok pemimpin yang merakyat. Meskipun ada juga kalangan yang menganggap apa yang dilakukan Jokowi adalah pencitraan semata, jauh dari substansi. Waktunya habis untuk blusukan-blusukan bila dibandingkan di dalam kantor untuk memimpin rapat atau memeriksa dokumen. Gaya citra merakyat ala Jokowi masih terus dia bawa hingga terpilih menjadi Presiden RI ketujuh. Bahkan, dalam kepemimpinannya di usia 2 tahun ini, citra merakyat ala Jokowi masih kental diperlihatkan.

Akan tetapi, ada satu kritik yang diterima Jokowi dari Peneliti Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter. Dia menilai pemerintahan Jokowi masih tersandera kepentingan parpol. Pemberantasan korupsi juga belum bisa diselesaikan.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi dinilai masih tersandera kepentingan partai politik, utamanya partai pendukung. Apalagi soal pemberantasan korupsi yang belum bisa diselesaikan. Presiden Jokowi dinilai belum dapat menyelamatkan KPK secara tuntas dari upaya pelemahan terhadap komisi antikorupsi ini.

Baca Juga: Sekarang Simpanse pun Diajarkan Untuk Merokok, Korea Utara Sehat?

Topik:

Berita Terkini Lainnya