Ada Tulisan Jokowi, Ini Uniknya Alquran Raksasa Wonosobo

Jokowi menuliskan huruf "ba", apa artinya?

Ada Tulisan Jokowi, Ini Uniknya Alquran Raksasa Wonosobo Istimewa via poskotanews.com

Lantunan selawat dari ribuan santri untuk Presiden Joko Widodo terdengar menggema di Pondok Pesantren Al Asy'ariyyah, Wonosobo, Jawa Tengah. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini langsung disambut dengan suka cita oleh pimpinan pondok pesantren, KH Abdurrohman Asy'ariy dan para murid-muridnya.

Dikutip dari Liputan6.com, (17/6),  Jokowi pun mengaku antusias dengan sambutan yang diberikan oleh pihak pondok pesantren kepada para Jokowi beserta rombongannya. Tak lupa, Jokowi mengingatkan kembali kepada semua santri dan pengunjung yang hadir untuk bersyukur atas nugerah yang diberikan Allah kepada semuanya. Tak sekadar silaturahim, kedatangan Jokowi di pesantren tersebut juga cukup istimewa. Dia akan menjadi orang pertama yang menulis huruf di sebuah Alquran raksasa.

Jokowi meletakan pena pertamanya di Alquran Akbar.

Di sinilah Jokowi kemudian berjalan menuju tempat pembuatan Alquran Akbar. Sebuah Alquran dengan ukuran panjang 200 cm x lebar 150 cm. Kitab suci ini juga memakai kertas HVS pesanan khusus yang premium sehingga daya tahannya mampu mencapai 150 tahun. Ketebalannya mencapai 25 cm yang berisikan 315 lembar. Dengan berat mencapai 315 kilogram, Alquran ini diprediksi memakan proses penulisan sekitar dua tahun lamanya.

Jokowi pun dipersilakan untuk menuliskan huruf pertama di Alquran raksasa tersebut. Usai menuliskan huruf pertama di Alquran ini, tulisannya akan dilanjutkan oleh penulis Alquran Akbar, yaitu Hayatudi. Nantinya jenis tulisan yang digunakan untuk isi Alquran tersebut adalah Khot Naskhi. Untuk nama-nama suratnya menggunakan Khot Tsuluts. Yang terakhir, ornamennya menggunakan Anas Makruf.

Baca Juga: Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!

Penasaran dengan media yang digunakan untuk menulis? Alquran ini nantinya akan menggunakan alat tulis tradisional berupa bambu yang diruncingkan. Penulis juga akan selalu berpuasa dan dalam keadaan suci ketika mengukir huruf ayat-ayat suci di kitab umat muslim tersebut.

Apa makna huruf “ba” yang dituliskan Jokowi pertama kalinya?

Jokowi menuliskan huruf hijaiyah “ba” sebagai huruf pertama di Alquran akbar. Apa maknanya? Huruf “ba” tersebut merupakan awal dari kata Bismillah dalam surat Al-Fatihah. Pengasuh Ponpes Al-Asy'ariyyah mengatakan bahwa huruf "ba" yang diukir presiden tersebut merupakan simbol untuk memperluas jangkauan dari misi "Rahmatan Lil Alamin".

Baca Juga: Warga Banyuwangi Tadarus dengan Al Quran Raksasa. 

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 100%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 0%
ARTIKEL TERKINI