Akhirnya Antasari Azhar Bebas dari Lapas, Apa Rencana ke Depannya?

Disambut keluarga dan rekan sahabat

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar resmi menghirup udara bebas hari ini Kamis 10 November 2016. Usai keluar dari Lapas Kelas 1A Tangerang, Banten, Antasari yang didampingi Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang, Arpan Hadi disambut keluarga dan rekan sahabat.

Dikutip Tempo.co, (10/11), Antasari langsung melakukan jumpa pers di lapas dan memulai pernyatannya dengan kalimat syukur Alhamdulillah diikuti dengan pekikan merdeka. Kalimat yang sama juga dikumandangkan oleh sahabat-sahabatnya yang hadir.

Akhirnya Antasari Azhar Bebas dari Lapas, Apa Rencana ke Depannya? Lucky R/ANTARA FOTO

Sebelum jumpa pers pun dilakukan, sahabat-sahabat Antasari sudah terlebih dahulu memekikkan kalimat merdeka berulang-ulang. Antasari yang dalam jumpa pers didampingi istrinya Ida Laksmiwati mengungkapkan bahwa dia sudah meninggalkan semua marah, dendem, benci dan kecewa di dalam lapas. Dia pun kini bisa pulang ke rumah dengan hati yang bersih.

Antasari bebas bersyarat.

Akhirnya Antasari Azhar Bebas dari Lapas, Apa Rencana ke Depannya? Lucky R./ANTARA FOTO

Sebelumnya Antasari dihukum 18 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah dalam kasus pembunuhan terhadap Nasrudin Zulkarnaen, Direktur PT Rajawali Putra Banjaran, pada Februari 2009. Saat keluar Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Dewasa Pria Tangerang, Antasari menyempatkan berbicara di depan awak media yang menunggunya di luar lapas. Dalam kesempatan itu, Antasari menjelaskan alasannya bersedia dipenjara selama delapan tahun. Dia mau masuk penjara karena ada putusan pengadilan yang mengharuskannya menjalankannya.

Baca Juga: Survei: 90% Orang Indonesia Membenci Donald Trump, Ini Alasannya!

Akhirnya Antasari Azhar Bebas dari Lapas, Apa Rencana ke Depannya? Lucky R./ANTARA FOTO

Antasari menegaskan, dia adalah penegak hukum, sehingga harus taat kepada putusan hakim. Putusan hakim dianggap benar dan harus dijalankan. Namun, dia berkukuh tetap merasa tidak melakukan pembunuhan seperti yang didakwakan jaksa.

Antasari telah menjalani sepertiga masa hukumannya. Dia telah dalam penjara selama 7,5 tahun. Selain itu, dia mendapatkan remisi 4,5 tahun. Hari ini, sekitar pukul 10.10 WIB, Antasari dibebaskan diiringi pula oleh tabuhan rebana. Antasari baru akan bisa bebas sepenuhnya pada 2022. Meski bebas bersyarat, dia masih diwajibkan melapor sekali sebulan ke LP Tangerang.

Ini pelampiasan Antasari Azhar setelah lama mendekam di tahanan.

Akhirnya Antasari Azhar Bebas dari Lapas, Apa Rencana ke Depannya? Lucky R./ANTARA FOTO

Antasari mengatakan dirinya tidak akan menggugat siapa pun dan tidak ada agenda untuk membongkar kasus seperti yang ramai diberitakan di luar. Dia kini ingin hidup tenang bersama keluarga. Dia akan fokus untuk istirahat dan merawat cucu-cucunya. Dia menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Antasari juga mengatakan sesampainya di rumah, dirinya bersama keluarga langsung mengadakan tasyukuran dengan acara potong tumpeng dan makan-makan bersama pers.

Rencananya dia juga akan berangkat umroh pada Januari 2017 mendatang. Dia akan berangkat bersama istrinya. Di sana dia akan berdoa memohon petunjuk dari Tuhan terkait langkah hidupnya untuk ke depan. Antasari juga berencana akan melakukan syukuran bersama kolega-koleganya, senior-senior termasuk Wakil Presiden Yusuf Kalla yang pernah menjenguknya di Lapas Klas 1 Tangerang.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Kemenangan Donald Trump Akan Susahkan Dunia.

Topik:

Berita Terkini Lainnya