Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!

Anies dan Agus juga angkat bicara

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya meminta maaf kepada umat Islam karena telah membuat gaduh terkait dengan pernyataannya soal Surat Al Maidah ayat 51.

Dilansir Kompas.com, (11/10), dia menyampaikan permintaan maafnya kepada umat Islam atau orang yang tersinggung. Dia mengatakan tidak ada maksud melecehkan Al Quran.

Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!Oke Atmaja/Suara.com

Ahok memang saat ini tengah disorot lantaran ucapannya saat berkunjung ke Kepulauan Seribu pada 27 September lalu. Saat itu, di depan warga Kepulauan Seribu, Ahok mengungkit Surat Al Maidah Ayat 51. Ucapan Ahok menjadi ramai setelah cuplikan rekaman video tersebut beredar di internet. Banyak yang menganggap Ahok telah menghina ayat suci. Bahkan ada yang berencana melaporkannya ke polisi.

Dua bakal calon gubernur yang akan bersaing dengan Ahok dalam pemilihan kepala daerah DKI pada 2017 mendatang, yaitu Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono juga turut mengecamnya.

Baca Juga: Ibu Ini Menggundul Paksa Rambut Putrinya karena Menghina Penderita Kanker.

Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!Iwan Setiawan/Kompas.com

Anies menganggap pernyataan Ahok tidak relevan, tidak perlu, dan membuat kenyamanan warga ibu kota terusik. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono menilai pernyataan Ahok tentang Surat Al Maidah Ayat 51 menunjukkan jika Ahok tidak sensitif terhadap isu agama.

Bahkan Agus menegaskan jika ucapan yang kerap melukai hati semacam ini terus terjadi, dia khawatir akan menimbulkan permasalahan sosial. Ahok mengatakan dirinya sama sekali tidak bermaksud menyinggung perasaan umat Islam, apalagi sampai menistakan agama. Buktinya, warga Pulau Seribu tidak ada yang tersinggung saat dia mengutip ayat tersebut.

Ahok dinilai semestinya tidak gegabah.

Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!Jessi Carina/Kompas.com

Sementara itu, Ketua Bidang Agama DPP Partai Demokrat ‪Khatibul Umam Wiranu mengatakan Ahok semestinya menyadari Islam tidak pernah anti-terhadap nilai-nilai demokrasi sejauh dijalankan dengan baik dan tidak bertentangan dengan akidah umat Islam.

Karena itulah, Wiranu menganggap tindakan Ahok merupakan bentuk keteledoran dan kekeliruan yang fatal. Sehingga, sebagai pejabat dan pemimpin masyarakat, Ahok harus secara dewasa menyampaikan pernyataan maaf atas pernyataan tersebut kepada seluruh warga DKI Jakarta. Wiranu berharap peristiwa yang dianggap penistaan agama itu menjadi peristiwa terakhir.

Ahok tidak bermaksud menghina Al Quran.

Ahok Minta Maaf Soal Pelecehan Al Quran, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Angkat Bicara!Oke Atmaja/Suara.com

Ahok sempat mengatakan bahwa dia tidak merasa pernah menghina ayat suci dalam Al Quran. Dia menilai video berisi ucapannya yang menyebut Surat Al Maidah ayat 51 saat kunjungan kerja di Kepulauan Seribu telah disalahgunakan oleh sejumlah orang.

Menurut pria yang biasa disapa Ahok itu, videonya saat berbicara di Kepulauan Seribu itu dipotong-potong dan tidak ditampilkan secara utuh.

Ahok mengatakan, alasannya melontarkan ucapan yang menyebut Surat Al Maidah ayat 51 disebabkan ayat tersebut kerap digunakan oleh lawan politik untuk menyerangnya. Kondisi itu disebutnya sudah terjadi sejak dia pertama kali terjun di dunia politik pada 2003 di Belitung Timur.

Baca Juga: Pencipta Lagu "Nasi Padang": Makanan Indonesia yang Lain Juga Luar Biasa!

Topik:

Berita Terkini Lainnya