9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan Tanah

Masjid dan gereja juga dirobohkan

Usaha Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk memusnahkan lokalisasi Kalijodo terbilang lancar. Pagi ini seluruh bangunan yang ada di kawasan Kalijodo telah diratakan dengan tanah. Sejumlah warga Kalijodo juga telah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan rumah mereka yang berdiri di atas tanah negara tersebut. 

Sayangnya, mereka tidak mampu membendung niat Ahok yang ingin mengembalikan kawasan tersebut menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Lalu bagaimana kabar Kalijodo sekarang? Berikut adalah kabar terkini terkait Kalijodo yang akan segera rata dengan tanah.

1. Alat-alat berat datang menghancurkan semua bangunan di Kalijodo.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber Gambar: tsatic.net

Di sekitar lokasi masih ada sejumlah alat-alat berat ekskavator yang nampak menggeser puing-puing bangunan dari triplek dan sejenisnya.

2. Penggusuran juga berlaku untuk masjid dan gereja yang ada di Kalijodo.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber gambar: rimanews.com

Semua terkena gusur tanpa ada satupun yang luput. Sejumlah bangunan berupa Masjid dan Gereja yang ada di Jalan Kepanduan II juga telah rata dengan tanah. Dalam penggusuran ini tidak ada perlawanan berarti dari warga ataupun oknum-oknum tertentu.

3. Oknum TNI nampak berjaga di area pembongkaran untuk mencegah kericuhan.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber Gambar: okezone.com

Beberapa anggota Kepolisian dan TNI juga nampak berjaga-jaga di sekitar area pembongkaran untuk mencegah terjadinya potensi kericuhan yang dibuat oleh oknum-oknum tertentu yang tidak suka bila kawasan Kalijodo dibongkar.

4. Daeng Azis, penguasa Kalijodo yang dulu menentang penggusuran, kini nampak tak berdaya.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber gambar: tribunnews.com

Daeng Azis yang dulu berada di barisan terdepan menentang penggusuran kini nampak tak berdaya. Pasanya, dia justru akan mendekam di balik jeruji dan bersiap menghadapi tuntutan hukum atas perbuatannya.

5. Kawasan Kalijodo kini tinggal puing-puing bangunan.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber Gambar: tempo.co

Kawasan lokalisasi prostitusi terbesar kota Jakarta Utara di Jalan Kepanduan II, RW 05, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini akhirnya sudah rata dengan tanah. Yang tersisa hanyalah puing bangunan yang tertinggal.

Baca Juga: Ini Rutinitas Harian Para PSK Kalijodo yang Belum Banyak Orang Ketahui.

6. Warga Kalijodo ada yang pindah ke rusun dan pindah ke tempat lain.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber gambar: kompas.com

Sejumlah warga yang memiliki rumah dan KTP DKI Jakarta, direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa Marunda dan Pulogebang. Bagi warga yang menjadi pengontrak rumah di Kalijodo, kebanyakan mereka memilih untuk pindah ke tempat lain.

7. Pemerintah DKI juga akan memberantas prostitusi di perhotelan.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber gambar: jppn.com

Wali kota Jakarta Utara, Rustam Effendi ‎dengan tegas mengatakan tidak akan mentolerir adanya kegiatan prostitusi di wilayah Kota Jakarta Utara. Bahkan apabila aksi prostitusi tersebut berada di dalam hotel yang legal sekalipun. Rustam juga akan bekerja sama dengan Kepolisian dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi hal ini.

8. Target Ahok selanjutnya adalah Alexis.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber Gambar: celahkota.com

Usai meratakan kawasan lokalisasi Kalijodo dengan tanah, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara rencananya dalam waktu dekat juga akan menertibkan praktik prostitusi yang ada di hotel dan tempat hiburan Alexis di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

9. Pembongkaran Kalijodo dilakukan lebih cepat dari yang diperkirakan.

9 Update Terkini Kondisi Kalijodo yang Telah Rata dengan TanahSumber Gambar: csr.com

Sebetulnya pembongkaran Kalijodo akan ditunda hingga pembangunan Waduk Pluit selesai. Sayangnya, karena ada kejadian Fortuner Maut, Pemprov DKI pun memutuskan untuk mempercepat pembongkaran tempat ini.

Baca Juga: Fakta Perputaran Uang di Kalijodo yang Bikin Para Preman Siap Mati.

Topik:

Berita Terkini Lainnya