11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa Indonesia

Bakal jadi bahasa resmi ASEAN lho
Bahasa Indonesia memang bahasa resmi negara kita. Tapi mungkin masih banyak orang Indonesia yang merasa kurang bangga dengan bahasanya sendiri. Terkadang kita lebih merasa "wah" dan bangga jika menggunakan bahasa Inggris saat berbicara atau bahkan menulis sesuatu di media. Padahal, pandai berbahasa Indonesia dengan baik juga membanggakan lho. Gak percaya?

Berikut ini, INDtimes paparkan beberapa alasan kenapa kamu tak perlu merasa kurang "kurang gaul" atau "tertinggal" dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik mulai sekarang. Simak baik-baik ya. 

1. Dalam beberapa pertemuan dengan parlemen negara ASEAN, para delegasi Indonesia telah mengusulkan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN. Kendati belum semua negara anggota ASEAN menyetujui hal tersebut, hal ini tentu layak diperjuangkan.

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: nasionalrakyatmerdeka.com

2. Pakar Bahasa dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Suhartono juga menilai bahwa bahasa Indonesia punya peluang yang besar untuk menjadi bahasa ASEAN pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jadi, kamu harus mahir berbahasa Indonesia dengan baik agar menang di persaingan dalam MEA. 

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: platform.com

3. Beberapa negara (meski tidak di seluruh wilayahnya) telah menggunakan bahasa ini, misalnya saja di Moro, Filipina. Kurang lebih lima persen penduduk di sana telah menggunakan bahasa nusantara ini. Pada daerah tertentu di Kamboja juga menerapkan hal yang sama.

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: jusmedic.com

4. Ditambah lagi, beberapa negara di ASEAN juga sudah banyak yang mempelajari bahasa Indonesia dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi MEA. Sebagai penutur asli, tentu kamu gak boleh ketinggalan. 

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: kompas.com

5. Bahasa Indonesia dan bahasa Melayu adalah bahasa yang serumpun. Jadi sudahkah kamu memperjuangkan bahwa bahasa Indonesia itu lebih baik dibandingkan bahasa Melayu?

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: liputan6.com

6. Bahasa kita gak kalah dengan bahasa-bahasa lingua franca (bahasa pengantar) lainnya, seperti bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Inggris, dan lain-lain.

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: republika.com

7. Ternyata bahasa kita memiliki 91.000 kosakata dan punya strategi gramatikal untuk menciptakan kosa kata baru, lho. 

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber gambar: news.okezone.com

8. Bahasa Indonesia ternyata banyak dipelajari di beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, dan negara-negara lain di dunia. Kita seharusnya sangat bangga!

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber gambar: learnindonesianinbali.com

9. Jangan minder memakai bahasa Indonesia. Di tingkat ASEAN, penggunaan bahasa Indonesia sudah mencapai 60 persen!

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: liputan6.com

10. Kamu tahu gak? Bahasa Indonesia juga pernah digunakan dalam acara pelantikan seorang wali kota di Amerika, lho. Dana S. Hilliard, Wali Kota Somersworth mengucapkan sumpah ikrarnya dalam Bahasa Indonesia. Hubungan sang Wali Kota ini dengan bangsa Indonesia memang sangat dekat. Bahkan Wali Kota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam bahasa Indonesia. 

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber gambar: photo.liputan6.com

11. Bahasa Indonesia punya kesempatan untuk sejajar dengan bahasa-bahasa global lainnya, seperti bahasa Inggris, bahasa China dan seterusnya. 

11 Alasan Kenapa Kamu Patut Bangga Saat Pakai Bahasa IndonesiaSumber Gambar: suaramerdeka.net

Nah, sudah jelas 'kan, ternyata bahasa Indonesia itu memang patut untuk dibanggakan. Kalau bukan kita sendiri, siapa lagi yang harus bangga dengan bahasa Indonesia? 

Topik:

Berita Terkini Lainnya