Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok

what's next sidang ahok?

Hari selasa, 9 Mei 2017 merupakan waktu yang ditunggu-tunggu bagi Massa Pro Ahok dan Kontra Ahok. Berikut fakta-fakta yang terjadi pada sidang Ahok hari ini:

1. Ahok divonis 2 Tahun Penjara

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok tirto.id

Pada hari selasa, tanggal 9 Mei 2017, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun terhadap terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Auditorium Kementerian Pertanian.

2. Ada Helikopter di Sidang Ahok

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok Doc. Pribadi

Polda Metro Jaya menyediakan helikopter untuk pengamanan sidang Bapak Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada hari Selasa, tanggal 9 Mei 2017 di lapangan Aula Kementan, Jakarta. Penyediaan helikopter ini sebagai sarana evakuasi apabila terjadi situasi yang tidak kondusif.

3. Putusan Vonis Ahok Setebal 630 Halaman

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok indowarta.com

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto dalam persidangan kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak membacakan seluruh berkas putusan yang akan disampaikan dalam sidang lanjutan Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian setebal sekitar 630 halaman.

4. Beda tuntutan Jaksa dan Vonis Hakim

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok tmpo.co

Sebagaimana dalam Tuntutan dibacakan dalam sidang ke-20 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, pada hari Kamis tanggal 20 April 2017 Ahok didakwa dua pasal, yakni Pasal 156 dan 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). 

Pasal 156 KUHP berbunyi, "Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500". Menurut JPU Ali Mukartono bahwa Pasal 156a tidak berlaku pada perkara ini, namun pada kenyataannya hari ini pada hari Selasa, tanggal 9 Mei 2017 Ahok divonis 2 tahun Penjara dengan pasal 156a sebagai dasar putusan.

5. Ahok dan Kuasa Hukum Mengajukan Banding

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok Doc. Pribadi

5. Pendukung Ahok kecewa dengan Putusan Hakim

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok tirto.id

Sekitar 3000 lebih massa pendukung Ahok menghadiri persidangan vonis Basuki Tjahaja Purnama, dan mengaku kecewa dengan Putusan Hakim bahkan banyak yang menangis.

7. Ahok ditahan di Rutan Cipinang

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Setelah adanya putusan Hakim, rencananya Ahok akan ditahan di Rutan Cipinang.

8. Hastag #FreeAhok dan #PenjarakanAhok jadi Trending Topic Twitter

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok Doc. Pribadi

9. Kasus Ahok menjadi Isu Internasional

Wajib Tahu! Inilah 9 Fakta di Balik Sidang Vonis Ahok Doc. Pribadi

Dari sidang pertama sampai dengan sidang putusan, kasus Basuki Tjahaja Purnama sudah menjadi sorotan Media Nasional dan Media Internasional. Banyak sekali media asing yang menyoroti hal ini, karena kasus Ahok banyak dikaitkan dengan isu SARA yang sampai saat ini menimbulkan pro kontra di kalangan netizen.

Retno Ast Photo Verified Writer Retno Ast

Nothing is impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya