5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Koper

Kira-kira masih mau pakai maskapai ini lagi gak, ya?

Pada 2 Oktober 2017 kemarin, seorang perempuan bernama Noveria Nazara tersentak saat tahu uang tunai sebesar Rp 28 juta yang ditaruhnya di dalam tas raib. Sebelumnya, tas tersebut dibawanya saat hendak memasuki kabin penumpang Wings Air dari Bandara Binaka, Gunungsitoli, Nias untuk menuju Batam.

Namun tasnya yang berisi uang tunai Rp 28 juta tersebut tak diperbolehkan oleh petugas untuk dibawa ke kabin. Noveria pun meletakkan tasnya untuk dimasukan ke dalam bagasi pesawat. Noveria belum menyadari uangnya raib ketika mereka tiba di Bandara Internasional Kualanamu untuk transit. Di sana, mereka pun berganti pesawat dengan menumpangi Lion Air untuk menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

Selain melekat dengan kesan sering delay, sepertinya Lion Air Group juga sudah melekat dengan kasus kehilangan barang para penumpangnya. Pasalnya, kasus hilangnya barang penumpang yang melibatkan maskapai Lion Air Group bukan kali ini saja terjadi. Namun sepertinya manajemen Lion Air Group urung bertindak cepat untuk berbenah agar kejadian serupa tak terulang.

Setidaknya, sebelum Noveria Nazara yang menjadi korban, sudah ada lima kali kasus penumpang Lion Air kehilangan barangnya dan tak sedikit yang menggugat maskapai ini.

1. MA Hukum Lion Air Karena Koper Penumpang Hilang di Bagasi Pesawat

5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Kopermedium.com

Kasus ini terjadi 20 November 2011. Bermula saat seorang penumpang bernama Aripin Sianipar terbang dari Jakarta menuju Medan menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 204.

Sebagaimana penumpang lainnya, Aripin menitipkan kopernya berisikan handphone, proyektor, kamera hingga handycam pada petugas Lion Air untuk dibawa ke bagasi pesawat. Namun sayang, setibanya di Medan tasnya tak juga sampai di tangannya. Aripin pun segera melapor ke Lion Air atas kehilangan tas tersebut.

2. Bagasi Hilang, Lion Air Dihukum Bayar Rp 19,1 juta.

5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Koperwww.airportsinternational.com

Di tahun 2011, Lion Air kembali berurusan dengan seorang penumpangnya yang menggugat Lion Air atas kelalaian pihak maskapai yang mengakibatkan kehilangan barang. Penumpang tersebut bernama Robert Mangatas Silitonga.

Robert bersama Istrinya, Ruth Erlin Pujiati terbang dari Medan menuju Semarang dengan menumpangi pesawat Lion Air. Hari itu tanggal 12 Juli 2011 mereka berdua terbang dengan nomor penerbangan JT387. Penerbangan mereka bahkan sempat tertunda selama 2 jam dan harus transit lebih dulu di Jakarta. Sebelum kemudian keduanya berganti pesawat dan terbang menuju Semarang.

Keduanya kehilangan satu dari tiga koper yang mereka titipkan di bagasi pesawat Lion Air. Akibat kejadian ini, Pengadilan Negeri (PN) Semarang pun menjatuhkan hukuman denda ganti rugi kepada Lion Air sebesar Rp 19,1 juta.

3. Perhiasan Milik Istri Perwira Polisi Hilang di Bagasi Lion Air.

5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Koperwww.tokoperhiasan.co.id

Pada Januari 2014, seorang istri Kasat I Direktorat Narkoba Polda Kalbar, AKBP Fransetyono, Titi Yusnawati kehilangan sejumlah perhiasannya yang ditaruh di dalam koper. Titi menitipkan koper tersebut pada petugas Lion Air untuk diletakkan di bagasi pesawat saat akan terbang dari Pontianak menuju Jakarta.

Namun setibanya di Jakarta emas yang disimpannya di dalam koper raib. Ditaksir nilai kerugian yang diderita Titi sebesar Rp 500 juta kala itu. Namun tak berselang lama tiga pelaku pencurian tersebut berhasil diciduk.

4. Lagi-lagi, Penumpang Pesawat Lion Air Kehilangan Barang di Bagasi.

5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Koperlifestyle.okezone.com

Kali ini kasus hilangnya barang yang melibatkan maskapai Lion Air dialami oleh Ketua Harian Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalimantar Barat, Abdi Nurkamil Mawardi.

Kehilangan yang dialami Abdi terjadi pada 4 Juni 2013 saat ia terbang menggunakan Lion Air dengan nomor penerbangan JT 711 dari Pontianak menuju Padang. Abdi kehilangan kamera SLR, handycam dan kacamata di dalam koper yang terkunci. Dan Abdi menyadari kehilangan barang di kopernya saat pesawat yang ditumpanginya transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

5. Kisah Herlina, Sendirian Menang Melawan Lion Air Gugat Koper Hilang.

5 Kelalaian Lion Air Saat Penumpangnya Kehilangan Kopernews.metrotvnews.com

Herlina Suniarti akhirnya dapat memetik buah atas upayanya sebagai konsumen agar bisa mendapatkan ganti rugi. Kasusnya bermula saat Agustus 2011 silam. Ia mengalami kehilangan barang berupa oleh-oleh dari Malaysia dengan total nilai mencapai Rp 50 juta.

Herlina terbang dari Malaysia menuju Semarang menggunakan maskapai Lion Air. Ia pergi bersama beberapa temannya. Namun nahas, setibanya di Bandara Ahmad Yani, Herlina tak mendapati kopernya. Sementara koper teman-temannya ada. Herlina pun melaporkan kasus kehilangannya dan menggugat Lion Air.

Tapi tak sebentar waktu yang dibutuhkan Herlina untuk bisa mendapatkan haknya. Dua tahun berselang, atau pada 2013, barulah Herlina mendapatkan surat dari MA yang memberitakan bahwa ia memenangkan gugatan terhadap Lion Air.

Apakah kamu pernah mengalami kejadian serupa?

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya