Terima Pendanaan Rp 13,5 Miliar, StickEarn Lakukan Ini untuk Indonesia

Peluang berkembang akan lebih besar

Meski baru beroperasi sejak Januari lalu, StickEarn berkembang dengan sangat pesat. StickEarn merupakan startup yang bergerak di bidang periklanan di luar ruangan. Hari ini, mereka mengumumkan telah mendapat pendanaan awal senilai US$ 1 juta atau sekitar Rp 13,5 miliar dari East Ventures. 

Terima Pendanaan Rp 13,5 Miliar, StickEarn Lakukan Ini untuk IndonesiaIDN Times 

StickEarn membawa angin segar bagi para pelaku usaha yang butuh mengiklankan produknya secara efektif dengan harga terjangkau. Mereka memasang iklan di badan kendaraan pribadi seperti mobil. n Nantinya, pemilik mobil akan mendapat keuntungan yang dihitung dari jarak tempuh kendaraan.

Pendiri StickEarn yang terdiri dari Garry Limanata, Sugito Alim, Hartanto Alim, dan Archie Carlson mengemukakan alasan di balik terbentuknya startup ini. Pertama, iklan luar ruangan dengan kendaraan belum ada di Indonesia. Padahal, hal serupa sudah populer di negara maju seperti Singapura dan Amerika. 

Kedua, kota-kota besar seperti Jakarta memiliki volume kendaraan yang tinggi, berbanding lurus dengan tingkat kemacetan. Rata-rata, pengendara menghabiskan waktu dua jam sehari di jalan. Kesimpulannya, sekitar 35 persen orang menghabiskan waktu mereka di jalan.

Baca Juga: Simak 5 Bisnis Pilihan Artis Ini Untuk Investasi Hari Tua

Terima Pendanaan Rp 13,5 Miliar, StickEarn Lakukan Ini untuk IndonesiaIDN Times 

Co-Founder StickEarn, Sugito Alim, mengatakan mereka memiliki dua tujuan penting dalam membangun startup ini.

“Pertama, StickEarn mengakomodasi objektif perusahaan pengiklan untuk mendapatkan hasil kegiatan pemasaran yang lebih efektif dan terukur," kata Sugito dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

Kedua, kata Sugito, StickEarn bertujuan memberdayakan para mitra yakni pemilik kendaraan bermotor yang telah terdaftar dengan pendapatan tambahan dan pelatihan aplikasi. 

Saat ini, StickEarn aktif beroperasi di 14 kota di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Malang, Padang, Medan, Bali, Makassar, Batam, dan Pekanbaru.

Selain itu, mereka mengklaim telah bekerjasama dengan 50 pengiklan dan menggandeng puluhan ribu pengemudi untuk menjadi mitra.

Terima Pendanaan Rp 13,5 Miliar, StickEarn Lakukan Ini untuk IndonesiaIDN Times

Sebenarnya, startup serupa sudah lebih dulu hadir di Indonesia, tetapi East Ventures melirik peluang besar dari StickEarn.

“Kami melihat potensi yang sangat besar dari StickEarn. Selain model bisnis yang masih segar, para pendirinya memiliki visi yang baik dan terarah untuk pengembangan perusahaan ini ke depannya,"kata Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca.

Dia optimistis investasi tersebut dapat mendukung StickEarn untuk menjadi perusahaan rintisan dengan performance yang lebih baik. "Sehingga berdampak bagi perusahaan pengiklan dan masyarakat,” katanya.Semoga StickEarn bisa menjadi solusi kebutuhan perusahaan dan mendongkrak perekonomian masyarakat ya. Good luck, StickEarn!

Baca juga: ShopBack Terima Dana Rp 540 Milliar, Indonesia Kecipratan Untung

Topik:

Berita Terkini Lainnya