Balon Google Akan Mulai Masuk ke Indonesia Tahun Depan

Internet di wilayah pelosok Indonesia akan semakin mudah.

Kunjungan Menteri Kominfo ke Amerika Serikat untuk menggantikan Jokowi membuahkan hasil yang bagi bagi Indonesia. Pemerintah Indonesia, Google dan tiga operator besar Indonesia (Telkomsel, XL Axiata & Indosat) menyepakati uji coba Project Loon di Indonesia. Project Loon ini akan masuk di Indonesia pada tahun 2016. 

Balon Google Akan Mulai Masuk ke Indonesia Tahun Depan Sumber Gambar: kompas.com
Balon Google Akan Mulai Masuk ke Indonesia Tahun Depan Sumber Gambar: kompas.com

Project Loon ini dapat dilihat melalui balon besar yang terbang di ketinggian kurang lebih 20 kilometer dari permukaan laut. Masing-masing balon nanti jangkauannya sekitar radius 40 km. Project ini akan fokus pada penyediaan akses internet di wilayah-wilayah Indonesia yang hingga saat ini belum terjamah infrastruktur telekomunikasi. Balon Project Loon ini nanti akan diuji dalam berbagai hal seperti komunikasi dari balon ke balon, flocking maupun komunikasi dari darat ke balon. 

Balon Google Akan Mulai Masuk ke Indonesia Tahun Depan Sumber Gambar: theneweconomy.com

Teknologi yang digagasi oleh Google ini akan mendukung bagi Indonesia terutama untuk perluasan jangkauan komunikasi di wilayah yang luas dan sulit dijangkau oleh menara komunikasi. Kerja sama yang baru disepakati ini nantinya akan mencangkup uji teknis, untuk aspek komersial akan dirundingkan lebih lanjut. Hingga kini, pemerintah juga belum mengungkapkan wilayah Indonesia mana yang akan dicangkup oleh Google Loon ini. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya