Aplikasi Telegram Tutup 78 Kanal ISIS

Telegram telah digunakan oleh ISIS untuk menyebarkan propagandanya. 

Kini, aplikasi komunikasi Telegram memblokir 78 kanal komunikasi ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Diketahui jaringan komunikasi ini telah digunakan lintas 12 bahasa. Dilansir CNNIndonesia.com, pihak Telegram sangat terganggu keteka mengetahui kanal publik mereka digunakan oleh ISIS untuk menyebarkan propagandanya. 

Aplikasi Telegram Tutup 78 Kanal ISIS Sumber Gambar: play.google.com

Semenjak Rabu (18/11) Telegram telah menghapus semua pesan yang terdapat di jaringan ISIS. Beberapa kanal ISIS diketahui mempunyai pengikut lebih dari 10 ribu. Ditemukannya kanal ISIS di aplikasi ini membuat para anggota ISIS meningkatkan kewaspadaaanya dalam berkomunikasi. 

Aplikasi Telegram Tutup 78 Kanal ISIS Sumber Gambar: engadget.com

Aplikasi Telegram dikenal dengan salah satu platform komunikasi populer di kalangan simpatisan ISIS. Hal ini dikarenakan sistem platform yang bisa menjamin tingkat keamanan dan kerahasiaan pesan yang disebarkan. Telegram sendiri memungkinkan para pengguna untuk dapat mengirim pesan, foto dan data serta membuat kelompok berbicara dengan anggota dengan jumlah mencapai 200 orang. 

Aplikasi Telegram Tutup 78 Kanal ISIS Sumber Gambar: play.google.com

Mengenai masalah pengunaan platform ini oleh kelopok teroris, pihak telegram tidak akan tinggal diam dan akan terus berupaya untuk memberantas penyalagunaan oleh kelompok teroris. Pihaknya juga menegaskan pemblokiran terhadap 78 kanal ISIS bukan merupakan bentuk pelanggaran hak kebebasan berbicara. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya