Anak Rinjani Meletus, Belasan Penerbangan Ditunda dan Batal Terbang

Warga pun dievakuasi dan 4.000 masker telah dibagikan.

Barujari yang merupakan anak Gunung Rinjani mengeluarkan beberapa letusan yang menyemburkan asap hingga ketinggian 1.300 meter. Akibat letusan ini setidaknya tujuh desa yang ada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat diselimuti abu tebal. 

Anak Rinjani Meletus, Belasan Penerbangan Ditunda dan Batal Terbang Sumber Gambar: liputan6.com

Abu vulkanik akibat letusan anak Gunung Rinjani ini mengakibatkan beberapa maskapai penerbangan menghentikan penerbangannya, seperti Virgin Australia dan Jetstar. Kemarin (3/11), Virgin Australia telah membatalkan sebanyak 10 penerbangan sementara Jetstar telah membatalkan enam penerbangan. 

Anak Rinjani Meletus, Belasan Penerbangan Ditunda dan Batal Terbang Sumber Gambar: kaskus.co.id

Tidak hanya pembatalan penerbangan, Bandar Udara Ngurah Rai Bali juga sempat ditutup Selasa malam (3/11). Para penumpang yang berencana terbang pada malam hari harus menginap semalam dan rencananya akan ditebangkan pada hari ini (4/11). Dilansir Kompas.com, Kepala BPDB Nusa Tenggara Barat, H Azhar menjelaskan status Gunung Barujari masih dalam tingkat waspada setelah meletus. Tetapi Azhar menambahkan telah menyiapkan beberapa rencana untuk evakuasi warga, terutama yang bertempat tinggal dengan kawasan letusan. Selain itu pihak BPBD juga telah membagikan 4.000 masker kepada warga di sekitar Gunung Rinjani. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya