Whulandary Herman, Cinta Indonesia dengan atau Tanpa Mahkota

Puteri Indonesia 2013 bicara soal nasionalisme dan diplomasi

Jakarta, IDN Times - Whulandary Herman pernah menjadi representasi Indonesia dalam ajang kecantikan Miss Universe pada 2013. Melangkah di atas panggung internasional, ditatap jutaan pasang mata dari seluruh dunia, dengan bangga menggunakan selempang putih bertuliskan INDONESIA.

Membawa nama Indonesia dilakukan Whulandary dengan totalitas. Tidak hanya bercerita tentang Indonesia, ia juga memperkenalkan makanan khas Indonesia dan membawa reog yang menjadi busana nasionalnya sebagai busana nasional terbaik ke-3 dalam ajang Miss Universe 2013.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah,” kata Whulandary dalam acar Millennials Gathering yang dilaksanakan di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Hal itu yang menurut Whulandary perlu terus dipegang oleh generasi muda agar tetap bangga terhadap Indonesia.

1. Perkenalkan keripik pedas padang

Whulandary Herman, Cinta Indonesia dengan atau Tanpa MahkotaInstagram/@whulandary

Whulandary merupakan puteri Indonesia kedua yang berhasil membuat nama Indonesia disebut dalam pengumuman 16 besar Miss Universe. Sebelumnya prestasi yang sama dipersembahkan Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2005.

Ada cerita menarik dalam ajang kecantikan itu. Whulandary berkisah bagaimana ia memperkenalakan salah satu makanan Indonesia kepada kontestan lain dari seluruh penjuru dunia. Whulandary membagikan keripik khas padang. Kota yang diwakilkannya saat memenangkan mahkota Puteri Indonesia 2013.

Keripik yang dikenal bercita rasa pedas itu dibagikan Whulandary kepada seluruh finalis. Tidak hanya saat menjabat sebagai Puteri Indonesia, sampai kini pun Whulandary tetap mecintai masakan Indonesia loh.

Baca juga: Musisi Bonita Koes Hendratmo: Pencarian Jati Diri Melalui Musik

2. Hashtag #indonesia

Whulandary Herman, Cinta Indonesia dengan atau Tanpa MahkotaInstagram/@whulandary

Setelah memenangkan gelar sebagai Puteri Indonesia 2013, sepanjang masa baktinya, Whulandari terus menggunakan selempang bertuliskan Puteri Indonesia 2013. Tidak hanya itu, sebagai seorang ratu kecantikan ia juga kerap terlihat dan tampil menggunakan mahkota.

Dalam banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia, Whulandary selalu tampil membawa nama Indonesia. Demikian juga di ajang Miss Universe. Kata Indonesia tak pernah lepas dari tubuhnya. Selempang bertuliskan Indonesia dikenakannya dengan bangga. Budaya, tradisi, dan kisah lain tentang Indonesia juga dengan bangga ia perkenalkan.

Kecintaannya pada tanah air tidak sampai di sana. Hingga kini, satu hal yang menjadi kekhasan dari Whulandary adalah tanda pagar alias hashtag yang digunakannya di Instagramnya. “#Indonesia” begitu tulisnya dengan bangga dalam setiap unggahannya. Menurut Whulandary ini menjadi salah satu caranya menunjukkan rasa cinta dan bangganya terhadap Indonesia.

3. Menikah dengan pria Malaysia, tetap cinta Indonesia

Whulandary Herman, Cinta Indonesia dengan atau Tanpa MahkotaInstagram/@whulandary

Whulandary menikah dengan pria berkebangsaan Malaysia, Nik Ibrahim, Februari 2018. Setelah melangsungkan pernikahan di plataran Heritage Borobudur, Jawa Tengah, Whulandary ikut dengan sang suami menetap di negeri Jiran.

“Saya Indonesia. I’m proud to be an Indonesian. Walaupun telah tinggal dan hidup di negara lain, kecintaan saya terhadap Indonesia tidak perlu diragukan lagi, Indonesia tempat saya dilahirkan, tempat saya dibesarkan, selamanya Indonesia akan menjadi kebanggan saya,” tulis Whulandary dalam salah satu unggahannya di akun instagramnya @whulandary.

Whulandary secara pribadi mengaku bersedih ketika banyak orang mempertanyakan nasionalisme dan kecintannya pada tanah air sesaat setelah ia menikah dengan pria berkebangsaan Malaysia. “Karena saya menikah dengan WNA, banyak yang mempertanyakan nasionalisme dan cinta saya pada Indonesia,” kata Whulandary. “Itu membuat saya sedih.” 

Baca juga: Kisah Dwi Ariyani, Kartini Pejuang Hak Kesetaraan Bagi Kaum Disabilita

Topik:

Berita Terkini Lainnya