Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017

Jennifer pernah terseret narkoba pada 2005 dan 2009

Jakarta, IDN Times - Artis Jennifer Dunn kembali terjerat kasus narkoba. Kepolisian menangkap wanita yang akrab disapa Jedun ini pada Senin malam, 1 Januari 2018. 

Jennifer sebelumnya pernah terseret kasus narkoba pada 2005. Artis yang mengawali karier di dunia hiburan dengan membintangi sinetron Dia dan Dan ini, kembali tersandung kasus yang sama pada Oktober 2009, karena menggelar pesta narkoba di kamar kosnya. 

Tertangkapnya perempuan berusia 28 tahun itu menambah deretan selebriti yang terjerat narkoba pada 2017. Berikut tujuh artis yang terjerat kasus narkoba selama 2017:

Baca juga: Polisi Siapkan Berkas Tio Pakusadewo ke Pengadilan

1. Tio Pakusadewo

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Aktor kawakan Tio Pakusadewo di penghujung tahun menjadi sorotan publik karena menambah deretan nama artis yang terkena kasus narkoba. Tio yang memang memiliki sejarah kelam dengan obat-obatan terlarang itu sempat beberapa bulan lepas dari bayang-bayang narkotika.

Tio akhirnya menjalani masa rehabilitasi di Rumah Sakit Selapa Polri. Tapi proses hukum tetap berlanjut dan pengadilan yang akan memutuskan, apakah akan menjalani rehabilitasi atau mendekam di balik jeruji penjara.  

"Hasil assesment hanya akan meringankan tersangka dalam peradilan ini,” kata Kasubit II Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Doni Alexander, Jakarta Selatan, 28 Desember 2017.

Tio ditangkap di rumahnya Jalan Ampera, Jakarta Selatan, saat sedang menggunakan sabu. Barang bukti sabu 1,06 gram yang diamankan memperkuat tuduhan polisi bahwa Tio hanyalah pemakai.

Kepolisian sendiri masih mengembangkan kasus Tio, untuk memburu pemasok barang haram itu.

2. Ello

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Rappler.com

Penyanyi yang satu ini membuat geger karena penangkapannya terkait kasus narkotika. Marcello Tahitoe atau yang akrab dipanggil Ello ditangkap karena kedapatan memiliki satu paket ganja di Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu 6 Agustus 2017.

Penyanyi bersuara merdu ini memiliki proses penangkapan yang sedikit berbeda dengan artis lainnya. Informasi penangkapan Ello baru tersebar empat hari setelah Ello ditangkap.

Penangkapan Ello juga menjadi sorotan publik. Selain kasus narkoba, tato Ello disebut-sebut memberikan tanda bahwa pria ini menggunakan obat-obatan terlarang sudah sejak lama.

Saat ini Ello masih menjalani persidangan pada tahanp tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ello disangkakan melanggar Pasal 111 ayat 1 dan 127 ayat 1 huruf a Undang-undang Narkotika Nomor 23 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

3. Tora Sudiro

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017antaranews.com

Nama yang satu ini juga membuat gempar ketika dikabarkan menggunakan obat-obatan terlarang. Tora ditangkap polisi pada Kamis 3 Agustus 2017 di rumahnya kawasan Tangerang Selatan, Banten. Polisi menyita 30 butir Dumolid saat penangkapan.

Suami Mieke Amalia ini mengaku mengonsumsi obat-obatan tersebut untuk membantunya beristirahat. Dumolid yang dikonsumsi Tora sebenarnya bukan narkoba. Dumolid adalah varian obat terlarang yang dijual secara bebas di pasaran, namun obat ini seharusnya dikonsusmi berdasarkan resep dokter pada pasien yang mengalami gangguan tidur.

Tora kemudian menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat, Cibubur, Jakarta Timur. Tora mengaku sudah mengonsumsi obat-obatan itu sejak setahun belakangan.

3. Pretty Asmara

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Antara Foto/Muhammad Adimaja

Pesinetron sekaligus komedian ternama Pretty Asmara ditangkap Satuan Narkopa Polda Metro Jaya, di hotel berbintang di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juli 2017. Pretty ditangkap bersama tujuh rekan artis lainnya yang berdasarkan hasil tes urine saat itu positif menggunakan narkoba.

Barang bukti yang turut disita adalah alat hisap, sabu, pil happy five, pil ekstasi serta uang tunai Rp25 juta. Tertangkapnya Pretty membuat kaget banyak orang saat itu, mengingat Pretty merupakan Ketua Selebriti Anti Narkoba Indonesia. Pretty bahkan sempat menghadiri beberapa acara Anti Narkoba bersama pihak BNN.

Saat ini Pretty tengah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur. Wanita kelahiran Lumajang, Jawa Timur, 27 September 1977 itu mengaku dirinya tidak bersalah dan dijebak lelaki bernama Alvin, yang saat ini masih menjadi Target Operasi (TO) kepolisian.

5. Axel Matthew

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Indowarta.com

Pada September 2017, putera sulung artis Jeremy Thomas ini didakwa ikut serta dalam pemufakatan untuk menerima narkotika jenis Happy Five di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat. Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan vonis empat bulan penjara.

Axel mengakui kesalahannya kepada polisi telah memesan barang haram tersebut serta mentransfer pembayaran Rp1,5 juta. Ibu Axel, Ina Thomas, dalam akun Instagram pribadinya mengaku bangga karena puteranya berani bertanggung jawab atas kekeliruan yang dibuatnya, dan meminta maaf karena lalai mendidik putera sulungnya itu.

Axel ditangkap jajaran Polda Metro Jaya di Fatmawati, Jakarta Selatan pada 15 Juli 2017. Dalam penangkapan, Axel telah melakukan transaksi untuk pembelian narkoba sebanyak 1 strip dari seorang temannya.

6. Ammar Zoni

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Instagram/@ammarzoni

Jajaran Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat menangkap pesinetron Ammar Zoni di rumahnya kawasan Perumahan Pesona Khayangan, Depok, Jawa Barat, 10 Juli 2017. Ia terbukti mengkonsumsi narkoba jenis sabu dan ganja. Saat penangkapan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa ganja seberat 39,1 gram serta alat bantu hisap.

Meski bebas, Ammar harus melakukan wajib lapor ke tempat rehabilitasi Natura Addiction Center di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dia harus menjalani rehabilitasi selama setahun.

7. Iwa K

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017antaranews.com

Rapper kondang Indonesia ini menggegerkan masyarakat karena ditangkap terkait kasus penyalahgunaan narkotika. Dia ditangkap di Bandar Udara Soekarno Hatta pada April 2017.

Barang bukti yang diamankan dari pelantun ‘Bebas’ itu berupa tiga linting ganja. Setelah melakukan tes urine, Iwa K terbukti positif mengonsumsi ganja.

Tidak ada perlawanan atau bantahan dari Iwa K selama proses penangkapan hingga proses peradilan. Ia akhirnya dijatuhi hukuman 6 bulan penjara dengan ketentuan rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur.

8. Ridho Rhoma

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017antaranews.com

Pada Maret 2017, pedangdut Ridho Rhoma juga menjadi sorotan publik karena ditangkap polisi atas dugaan kasus narkoba. Putra Raja Dangdut Rhoma Irama itu ditangkap karena kedapatan memiliki dan mengonsumsi sabu. Polisi mengamankan sabu seberat 0,7 gram dari mobilnya.

Ridho ditangkap polisi di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat pada 25 Maret 2017 pada pukul 04.00 WIB. Tidak ada perlawanan saat dia ditangkap. Menurut pengakuan Ridho dalam persidangan, ia kembali menggunakan obat terlarang itu karena tuntutan syuting untuk membentuk badan.

Ridho Rhoma kini tengah menjalani hukuman terkait kasus narkoba yang menjeratnya. Ia pun harus menjalani hukuman selama 10 bulan, dan rehabilitasi agar tak kecanduan obat-obatan terlarang lagi.

9. Andika The Titans

Sebelum Jennifer Dunn, 9 Artis Ini Tersandung Kasus Narkoba Selama 2017Instagram/@andikathetitans

Personel band The Titans ini ditangkap polisi atas kepemilikan dua paket narkoba jenis tembakau gorila. Tembkau gorila terbilang golongan baru narkotika yang baru ditetapkan pada 12 Januari 2017. 

Pemilik nama Andika Naliputra Wirahardja itu ditangkap jajaran Polrestabes Bandung di kawasan Sukasari, Bandung, pada 21 Februari 2017. Berdasarkan pengakuannya, Andhika mengaku baru pertama kali mencoba obat terlarang. Saat ini Andhika masih menjalani masa tahanan di Rutan Kebon Waru, Bandung.

Baca juga: 5 Kasus Kontroversial Jennifer Dunn

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya