5 Fakta Nia Kurniasih: Perempuan Indonesia Pertama di Miss Universe

Ia pernah mengikuti Miss Universe tanpa didukung pemerintah

Jakarta, IDN Times – Nia Kurniasih menjadi wanita Indonesia pertama yang tampil di ajang Miss Universe. Nia mengikuti kontes kecantikan tingkat dunia itu pada 1974. Sehingga, bisa dibilang, Nia adalah perempuan yang 'membukakan pintu' bagi perempuan Indonesia untuk tampil di ajang Miss Universe.

Minggu (8/4), perempuan bernama lengkap Nia Kurniasih Ardikoesoema ini meninggal dunia di Rumah Sakit RS Boromeus Bandung, sekitar pukul 20.59 WIB. Berikut lima hal yang perlu kamu tentang Nia Kurniasih:

1. Wakil Indonesia pertama di ajang Miss Universe

5 Fakta Nia Kurniasih: Perempuan Indonesia Pertama di Miss Universeindolinear.com

Miss Universe merupakan ajang kecantikan tertua dan terpopuler di dunia. Perempuan-perempuan perwakilan dari berbagai negara berkompetisi menjadi nomor satu. Indonesia melalui Yayasan Puteri Indonesia hingga saat ini aktif mengirimkan perwakilannya ke ajang Miss Universe.

Nama Nia Kurniasih menjadi nama perempuan pertama yang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe. Nia berangkat mengikuti ajang internasional ini saat ajang Miss Universe diadakan di Manila, Filipina, pada 1974. Nia menjadi pembuka pintu bagi perempuan Indonesia lainnya untuk berkompetisi di ajang kecantikan kelas dunia itu.

Baca juga: 13 Hal Menarik tentang Kezia Roslin, Dara Manis yang Jadi Putri Indonesia 2016

2. Berangkat tanpa restu pemerintah

Nia menjadi wakil pertama Indonesia di ajang Miss Universe 1974. Uniknya, Nia pergi tanpa mengantongi restu dari pemerintah. Nia diberangkatkan oleh pemilik salon kecantikan, Andi’s Beauty, Andi Nurhayati.

Keikutsertaan Nia di ajang Miss Universe ini berlangsung pada periode 1974 hingga 1983. Hal ini terjadi karena kontroversi sesi busana renang dalam kontes kecantikan bergengsi itu.

3. Mengikuti Miss Universe tanpa seleksi

5 Fakta Nia Kurniasih: Perempuan Indonesia Pertama di Miss Universe

Tidak hanya mewakili Indonesia tanpa restu pemerintah, Nia juga menjadi wakil Indonesia tanpa seleksi. Nia ditunjuk langsung oleh Andi Nurhayati sebagai perwakilan Indonesia. Tidak ada seleksi apapun yang diikuti Nia sebelumnya di tanah air.

Berbeda dengan situasi sekarang. Indonesia mengirimkan puteri-puteri terbaiknya ke ajang internasional setelah melalui tahapan seleksi. Melalui Yayasan Puteri Indonesia, gadis-gadis terbaik dari tiap daerah di Indonesia akan diseleksi secara nasional. Yang terbaiklah yang akan mewakili Indonesia ke ajang Miss Universe disertai dengan dukungan pemerintah.

4. Nia pernah menjadi Mojang Bandung

5 Fakta Nia Kurniasih: Perempuan Indonesia Pertama di Miss UniverseKevin Lilliana. wikipedia.com

44 tahun yang lalu, mojang asal kota Bandung ini menjadi wakil Indonesia. Meski tidak berhasil mendapatkan prestasi apapun ketika mengikuti kontes internasional pertama, namun Nia berhasil membuka jalan pertama bagi Indonesia dalam berkompetisi di ajang kecantikan Internasional.

Mojang terakhir yang sejauh ini berkesempatan mewakili Indonesia di ajang internasional adalah Kevin Lilliana. Kevin tidak berangkat ke ajang Miss Universe namun mewakili Indonesia di ajang Miss Internasional, salah satu ajang kecantikan tertua di dunia. Mojang Bandung satu ini berhasil membawa pulang Mikimoto Crown ke tanah air dan menjadi juara Miss Interantional 2017.

5. Menawan sampai 'senja'

5 Fakta Nia Kurniasih: Perempuan Indonesia Pertama di Miss UniverseInstagram

Sosok Nia yang menawan saat muda berhasil membuatnya dipilih untuk menjadi perwakilan Indonesia dan menunjukkan pada dunia paras perempuan Indonesia. Setelah 44 tahun berlalu, paras menawan Nia tidak banyak berubah.

Usianya menua, namun kematangan dan sisi menawan Nia semakin tampak. Nia lahir di kota Bandung pada 1958. Setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung, Jawa Barat, Nia akhirnya mengembuskan nafas terakhir pada usia 60 tahun. 

Baca juga: Wakil Indonesia Pertama di Ajang Miss Universe Meninggal Dunia

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya