Marsekal Hadi Tjahjanto: Siap Jaga Netralitas TNI di Tahun Politik

Datangi DPR RI untuk berkenalan

Jakarta, IDN Times - Kamis (7/12)  siang, Panglima TNI terpilih Marsekal Hadi Tjahjanto dan Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat menyambangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia. 

Pada momen tersebut, keduanya diperkenalkan dalam sidang Paripurna setelah dinyatakan lulus dalam uji kelayakan pada Rabu(6/12) lalu.

"Iya mereka memang kita undang untuk kita perkenalkan kepada anggota dewan lainnya. Biar tahu," kata Plt Sekjen DPR Damayanti.

Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di DPR sekitar pukul 13.45 WIB, sementara Arief Hidayat tiba di sekitar pukul 13.50 WIB.

Baca juga: Temani Marsekal Hadi Tjahjanto Uji Kelayakan di DPR, Ini Komentar Gatot Nurmantyo

Marsekal Hadi Tjahjanto: Siap Jaga Netralitas TNI di Tahun PolitikANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Saat dimintai tanggapannya, Arief mengaku mengikuti semua prosedur yang ada. "Tidak ada lobby-lobby. Sudah dibantah Komisi III, dan tidak perlu diperpanjang lagi," katanya.

Sebelumnya, calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan siap menjaga netralitas TNI dalam menghadapi tahun politik 2019 mendatang.

"Yang penting netralitas dan solidaritas yang kita jaga, itu saja," kata Hadi.

Netralitas TNI dari politik praktis juga disampaikan Hadi saat fit and proper test oleh Komisi I DPR, Rabu (6/12). 

"Saya sampaikan visi misi di antaranya tetap kita akan menjaga soliditas tentunya itu yang akan saya jaga dan netralitas. Jadi kuncinya dua itu," kata Hadi.

Marsekal Hadi Tjahjanto: Siap Jaga Netralitas TNI di Tahun PolitikANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hadi yang masih menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) ini juga menyinggung tantangan yang harus dihadapi TNI ke depannya. Rencana strategis (renstra) harus selaras dengan pembangunan nasional.

"Tantangan ke depan? Kita tetap pada rencana-rencana yang telah disusun. Contohnya Renstra, semua kita akan ikut itu. Renstra juga bicara soal peningkatan kekuatan, pembinaan kemampuan dan strategi penggelaran dan kita akan sinkronkan dengan rencana pembangunan nasional," tambah Hadi.

Baca juga: Komisi I DPR Setujui Usulan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Calon Panglima TNI

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya