Lepas Rindu akan Kampung Halaman, Millennials Gelar Minangkabau's Week di TMII

Ada pertunjukan seni hingga kuliner daerah

Jakarta, IDN Times - Kampuang Minang bekerjasama dengan anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), mempersembahkan Minangkabau's Week di penghujung tahun 2017.

Kampuang Minang merupakan gerakan Millennials asli Sumatera Barat ini, memiliki cara cerdas memperkenalkan budaya Minangkabau kepada masyarakat luas. Sekaligus wujud nyata mengobati rindu akan kampung halaman di perantauan. 

Baca juga: Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun 

"Kalau dari bahasa minangnya, kita itu membangkitkan 'batang tarandam'. Pemuda pemudi Minang di Jakarta itu kan umumnya perantau, atau lahir di Jakarta. Jadi mungkin saja tidak kenal dengan budaya Minang. Melalui kegiatan inilah, kita ingin memperkenalkan kembali (adat minang)," kata Jenny, pengurus Kampuang Minang saat ditemui IDN Times, Minggu (31/12). 

1. Festival kuliner

Lepas Rindu akan Kampung Halaman, Millennials Gelar Minangkabau's Week di TMIIIDN Times/Margith Juita Damanik

Kampuang Minang menghadirkan berbagai kuliner khas Minang kepada masyarakat umum. sekaligus mengobati rindu masyarakat Minang di Jakarta. 

Seperti sate padang, soto padang, teh talua pinang dan masih banyak kuliner khas Minangkabau yang ditawarkan.

Baca juga: Pedagang di Kawasan Ancol 'Mendulang' Rezeki di Momen Tahun Baruan

2. Panggung budaya

Lepas Rindu akan Kampung Halaman, Millennials Gelar Minangkabau's Week di TMIIIDN Times/Margith Juita Damanik

Hal yang menarik dari panggung budaya yang dihadirkan oleh Kampuang Minang adalah para seniman yang mayoritas Millennials  ikut ambil bagian dalam pementasan di panggung budaya ini. 

"Kita mau kasih lihat juga bahwa Millennials bisa memiliki bakat kesenian tradisional juga,"jelas Jenny.Pada momen tersebut, berbagai kesenian dipertunjukkan. Di antaranya, Tari Lenggang Bagurau dari Randai Theatre. 

Baca juga: Datang ke Nikah Massal, Anies-Sandiaga Jalan Kaki dan Naik Mobil Golf

3. Talkshow

Lepas Rindu akan Kampung Halaman, Millennials Gelar Minangkabau's Week di TMIIIDN Times/Margith Juita Damanik

Millennials minang tidak hanya terdiri dari seniman tradisional saja. Pegiat budaya minang juga ada. Di antaranya YouTubers hingga Rapper minang juga hadir dalam Minangkabau's Week 2017.

Even tersebut diselenggarakan sejak Sabtu (23/12) hingga Senin (1/1). Dimana setiap harinya, Minangkabau's Week dikunjungi oleh lebih dari 50 ribu orang. 

Baca juga: Petugas Sita Senjata Tajam dan Petasan dari Pengunjung Monas

Topik:

Berita Terkini Lainnya