Latih Pelajar Keamanan Internet dan Literasi Digital, Facebook Gelar Acara Ini

Kamu jadi lebih berhati-hati setiap mengunggah sesuatu di media sosial

Jakarta, IDN Times - Facebook bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Do Something Indonesia menjadikan pelajar di Jakarta bijak dalam berbagi informasi online.

Selama enam bulan terakhir, Facebook, YCAB, dan Do Something Indonesia mengkampanyekan Think Before You Share. Hari ini kampanye ini diakhiri dengan membekali remaja dengan keterampilan berpikir kritis, dan menumbuhkan empati saat menggunakan media sosial, bertepatan dengan peringatan bulan Safer Internet 2018.

"Kami memulai kampanye Think Before You Share tahun lalu dengan tujuan, agar remaja Indonesia memiliki kemampuan dasar dan akses ke sumber referensi yang mereka butuhkan, untuk turut berkontribusi dalam menciptakan pengalaman online yang positif dan bijak dalam membuat keputusan mengenai informasi apa yang dapat mereka bagikan secara online," kata Head of Community Affairs APAC Facebook Clair Deevy, Selasa (27/2).

Baca juga: Waspadai Perampokan Modus Baru, Kenalan di Facebook Hingga Iming-Iming Uang

1. Melatih 11.000 siswa

Latih Pelajar Keamanan Internet dan Literasi Digital, Facebook Gelar Acara IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Sejak 2017 pelatihan diadakan di tujuh kota dan diikuti jutaan siswa pada jenjang sekolah menengah atas. Siswa yang mengikuti terdiri dari siswa SMA negeri, SMA kejuruan, dan SMA swasta. Di Jakarta tercatat ada 11.000 siswa yang ikut berpartisipasi aktif dalam pelatihan.

Clair mengatakan kampanye Think Before You Share diadakan tidak hanya di Indonesia, namun juga di banyak negara lain seperti Jepang, Australia, Singapura, Filipina, dan banyak negara lainnya.

Clair mengapresiasi keberhasilan Indonesia dalam menjalankan kampanye Think Before You Share mencapai 100 sekolah menengah atas, dan 3,5 juta siswa pada 2016.

2. Pelatihan ke-100 sekolah di Jakarta

Latih Pelajar Keamanan Internet dan Literasi Digital, Facebook Gelar Acara IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Bersama YCAB Foundation, Facebook menyelenggarakan sejumlah pelatihan di 100 SMA di Jakarta. Kegiatan ini masih menjadi bagian dari kampanye Think Before You Share. Kerja sama dalam kampanye ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2016.

Pelatihan yang diadakan dirancang khusus untuk pelajar SMA dengan kurikulum yang dirancang dan dikembangkan khusus oleh YCAB dan Facebook, dengan fokus pada tips dasar seputar keamanan internet dan keterampilan literasi digital yang relevan bagi remaja.

Tidak hanya pelatihan, Facebook juga bekerja sama dengan YCAB dan Do Something Indonesia untuk mengadakan Think Before You Share Campaign Day Out.

3. Millennials harus tahu konsekuensi setiap unggahannya

Latih Pelajar Keamanan Internet dan Literasi Digital, Facebook Gelar Acara IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Tujuan utama kampanye ini adalah agar generasi muda terbiasa berpikir dua kali, sebelum mereka mengunggah sesuatu ke media sosial dan memastikan yang di-posting adalah hal-hal positif, penting, dan berguna tidak hanya untuk dirinya namun juga untuk orang banyak.

"Menanamkan critical thinking dan empati. Agar anak muda bisa membedakan mana opini dan fakta serta memiliki empati terhadap informasi sebelum mengunggah secara online," kata Clair.

Clair berharap Facebook dapat menjadi tempat aman bagi masyarakat untuk beropini dan mengunggah sesuatu.

Sementara itu hadir pula dalam acara Think Before You Share Donny Budiutomo, mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengingatkan agar terus berhati-hati dan berpikir dua kali dalam menunggah segala sesuatu di media sosial.

"Setiap yang kita posting itu ada konsekuensi, UU ITE udah banyak memakan korban," kata Donny yang juga pengamat literasi digital itu.

Baca juga: Millennials Dominasi Penggunaan Internet, Kebanyakan untuk Chatting dan Media Sosial

Topik:

Berita Terkini Lainnya