Kunjungi Masyarakat Betawi, 3 Hal Ini Dilakukan Reza dan Delia

Sudah gak sabar ingin nonton filmnya, ya!

Jakarta, IDN Times - Bintang utama film Benyamin Biang Kerok, Reza Rahadian dan Delia Husein, mendatangi Gedung Pusat Kebudayaan Betawi, Jatinegara, Jakarta hari ini (17/2). Film Benyamin Biang Kerok merupakan film karya Hanung Bramantyo yang mengangkat salah satu karakter yang pernah dibawakan oleh alm.Benyamin Sueb, Pengki. "Jadi kami (Reza dan Benyamin) memerankan satu karakter yang sama," kata Reza.

Film ini mengangkat karya dari seorang aktor dan budayawan Betawi ternama, Alm.Benyamin Sueb. "Babe (Benyamin) itu seperti intisari dari budaya Betawi," kata Reza saat ditanya mengenai sosok dari alm.Benyamin Sueb. Benyamin tidak hanya dikenal sebagai aktor dan budayawan Betawi, namun juga pejuang budaya betawi yang sedari dulu memperjuangkan agar Betawi mendapat tempat di tanahnya sendiri, Jakarta.

1. Promosi film Benyamin Biang Kerok kepada masyarakat betawi

Kunjungi Masyarakat Betawi, 3 Hal Ini Dilakukan Reza dan DeliaIDN Times/Margith Juita Damanik

Kunjungan Reza, Delia dan para crew dari Benyamin Biang Kerok ke Gedung Pusat Kebudayaan Betawi ini memang dalam rangka mempromosikan film Benyamin Biang Kerok. Film yang akan tayang tanggal 1 Maret 2018 ini, sengaja diperkenalkan kepada masyarakat yang dekat dengan awal film ini, masyarakat Betawi. Selain Reza dan Delia, turut hadir dalam promo ini Beni Pandawa, salah satu anak dari Alm. Benyamin Sueb dan juga Kepala Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI, Suprihatin.

Beni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Reza dan tim Falcon yang sudah bersedia mengangkat karya dari sang ayah ke layar lebar di masa sekarang. "Semoga filmnya Mas Reza bisa memberi marwah Babe yang lebih luas," kata Beni. Selain itu Beni juga mengaku bahwa dirinya berharap banyak dari film ini agar niat baik dari film ini untuk menghibur masyarakat, terutama masyarakat betawi, dapat terlaksana dengan baik. Ucapan terima kasih dan harapan itu disampaikan Beni dengan nada dan raut wajah haru. Dirinya mengaku tak hanya bangga namun juga terharu karena masih ada anak muda yang peduli dan mau mengembangkan budaya betawi melalui karya ayahnya.

Baca juga: 5 Fakta Reza Rahadian di Benyamin Biang Kerok, Jadi Pengki yang Unik

2. Tanya jawab langsung dengan masyarakat betawi

Kunjungi Masyarakat Betawi, 3 Hal Ini Dilakukan Reza dan Delia

IDN Times/Margith Juita Damanik

Film Benyamin Biang Kerok dan karya dari alm. Benyamin Sueb sangat dekat dan penting bagi masyarakat Betawi. Hal itu tampaknya sangat disadari Reza dan Delia serta tim dari falcon picture. Tidak hanya mempromosikan Film, Reza dan Delia berkesempatan untuk berbagi cerita dan bertanya jawab langsung dengan masyarakat betawi yang hadir di Gedung Pusat Kebudayaan Betawi dalam acara Festival Benyamin Biang Kerok ini. Tanya jawab dan sharing yang dilakukan masih terkait dengan film Benyamin Biang Kerok.

Meski sudah terkenal sebagai aktor ternama yang tidak jarang memerankan tokoh-tokoh penting, Reza mengaku masih mengalami kesulitan saat memerankan tokoh Pengki yang juga pernah diperankan oleh alm. Benyamin Sueb. "Kesulitannya mencari karakter suara yang sekiranya dapat mengingatkan masyarakat dengan Babe. Tawanya yang khas, cara bicaranya, dan lain-lain," kata Reza. Selain itu Reza juga mengatakan tidak ada niatan sama sekali untuk menggantikan posisi budayawan dan pejuang Betawi itu. "Bukan untuk menggantikan sosok beliau tapi mempopulerkan nama beliau," kata Reza.

Delia Husein yang memerankan tokoh Aida di film ini merasa sangat senang dan bangga dapat memerankan tokoh Aida sebagai peran pertama dalam film pertamanya. Dalam film ini, Delia dipasangkan dan dikelilingi dengan aktor dan aktris senior yang sudah ternama, hal itu juga membuatnya bangga disamping fakta bahwa ternyata banyak artis yang menginginkan peran itu. "Di luar sana banyak artis mau jadi Aida," kata gadis yang ayahnya merupakan Betawi asli ini.

3. Reza dan Delia mengenal budaya betawi

Kunjungi Masyarakat Betawi, 3 Hal Ini Dilakukan Reza dan DeliaIDN Times/Margith Juita Damanik

Tidak hanya promo film, Reza dan Delia juga mendapat kesempatan untuk lebih mengenal budaya Betawi dengan lebih dekat langsung dari masyarakat betawi yang hadir. Reza dan Delia masuk ke dalam kawasan Festival Benyamin Biang Kerok setelah sebelumnya melakukan prosesi berbalasan pantun khas Betawi. Setelah itu Reza dan Delia juga menyaksikan penampilan gambang kromong khas Betawi dan juga tari-tarian betawi. Wajah kagum tampak dari keduanya yang berkesempatan duduk bersandingan dengan Beni Pandawa, anak dari Alm. Benyamin Sueb.

Setelah kegiatan promo film dan tanya jawab dengan masyarakat betawi, Reza dan Delia berkesempatan untuk melihat kekhasan budaya betawi. Reza dan Delia berkesempatan tidak hanya mencicipi rasa dari dodol betawi, Reza dan Delia juga berkesempatan mencoba mengaduk dodol betawi yang sedang diproses langsung dari kuali nya. Selain itu Reza dan Delia juga melihat pakaian dan kerajinan khas dari Betawi. Reza juga tampak sempat mencoba mengenakan peci betawi.

Masyarakat Betawi berharap film ini dapat kembali mengingatkan masyarakat Indonesia akan pejuang budaya betawi, Benyamin Sueb dan karya-karyanya. Reza juga sempat memberi sedikit bocoran dari film Benyamin Biang Kerok. "Akan ada juga tokoh lain yang muncul di akhir film Benyamin Biang Kerok yang juga sempat dimainkan oleh alm. Benyamin Sueb," kata Reza. Selain itu Reza juga mengatakan akan ada Film Benyamin Biang Kerok 2 yang kemungkinan besar akan tayang pada penghujung tahun 2018 mendatang.

Baca juga: Kunjungi Panti Werdha, Begini Serunya Reza Rahadian dan Delia Husein Menghibur Oma-Opa

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya