Kebakaran di Gedung DPR, Asap Muncul dari Ruang Fahri Hamzah

DPR menyebut tidak ada kebakaran

Jakarta, IDN Times - Kepulan asap di lantai empat Gedung Nusantara III DPR ternyata bukan dari kebakaran, tapi dari alat untuk kebakaran. Saking canggihnya, alat tersebut meledak hingga mengeluarkan asap.

1. DPR mengklaim tidak terjadi kebakaran 

Kebakaran di Gedung DPR, Asap Muncul dari Ruang Fahri HamzahIDN Times/Margith Juita Damanik

Kabut tebal yang memenuhi Gedung Nusantara III DPR diduga akibat ledakan dari mesin kebakaran, bukan dari asap kebakaran.   

"Titik api belum diketahui," ujar petugas Piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Udin Wibowo di Gedung DPR, Senin (19/3).

Udin mengatakan titik asap berasal dari lantai empat Gedung Nusantara III.

Baca juga: Kebakaran Terjadi di Gedung DPR

2. Asap berasal dari alat canggih Aerosol tipe firepro

Kebakaran di Gedung DPR, Asap Muncul dari Ruang Fahri HamzahIDN Times/Margith Juita Damanik

Sekjen DPR RI selaku Deputi Administrasi Mardian mengatakan tidak ada kebakaran di gedung DPR. Asap tebal berasal dari alat canggih yang dipasang di gedung DPR.

"Hari ini di DPR tidak terjadi kebakaran. Kejadian ini akibat dari adanya sistem alat kebakaran baru yang sangat peka," kata dia.

Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat juga menyatakan alat itu bekerja dengan sangat baik, sehingga begitu mendeteksi adanya percikan api di dalam ruangan, alat tersebut langsung menyala dan menyebarkan serbuk pemadam kebakaran yang menimbulkan asap.

"Nama alatnya Aerosol. Jenisnya Fire Pro," kata Mardian.

3. Berasal dari ruang kerja Fahri Hamzah

Kebakaran di Gedung DPR, Asap Muncul dari Ruang Fahri HamzahIDN Times/Vanny El Rahman

Asap tebal yang menyelimuti lantai empat Gedung Nusantara III DPR RI yang tak lain adalah ruang Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. "Tepatnya di lantai empat, di ruang kerjanya pak Fahri Hamzah," kata Mardian.

Ia juga mengatakan tim pemadam kebakaran datang dengan cepat dan dengan sigap langsung menangani asap. "Biasa di kabel itu ada letupan api. Korslet, arus pendek," kata Mardian menjelaskan penyebab alat canggih itu terpancing mengeluarkan serbuk pemadam kebakaran.

Fahri sendiri diketahui tidak berada di ruangan saat asap mengepung. "Tidak ada yang rusak. Pak Fahri semua aman," kata Mardian.

Fahri sendiri siang tadi diperiksa Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan menyebar hoax atau ujaran kebencian. Saat kejadian, Fahri Hamzah juga tidak terlihat.

Baca juga: Kebakaran di Gedung DPR, Ruang Pimpinan Dewan Dipenuhi Kepulan Asap

Topik:

Berita Terkini Lainnya