Kampung Pulo Dilanda Banjir, Listrik Mati Total

Aliran listrik di Kampung Pulo sudah padam sejak pukul 21:30 WIB

Jakarta, IDN Times - Prediksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) soal banjir yang segera menerjang ibukota rupanya menjadi kenyataan. Terbukti titik-titik yang menjadi langganan banjir di Jakarta sudah mulai terendam. 

Kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur adalah salah satunya. Air sudah mulai merendam area tersebut sejak sore hari.

Kemudian PLN mulai mematikan aliran listrik sejak pukul 21:30 WIB. Mereka tidak ingin mengambil risiko karena kawasan Kampung Pulo dan Kebon Pala sudah terendam air.  

Menurut pengamatan tim IDN Times, sampai pukul 23:04 WIB, ratusan warga masih berkumpul di sepanjang jalan Pasar Jatinegara setelah diungsikan dari rumahnya masing-masing. Para ibu, anak-anak, bapak-bapak memadati jalan Pasar Jatinegara.

Bahkan beberapa anak terlihat ditidurkan di sepanjang pinggiran toko. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno sudah tiba di lokasi untuk meninjau banjir sekitar pukul 22:00 WIB tadi. Bagaimana kondisi yang ada di sana saat terendam air?

1. Aliran Listrik Dimatikan

Kampung Pulo Dilanda Banjir, Listrik Mati TotalSumber Gambar: bue.libguides.com

Pemadaman listrik total terjadi di sepanjang jalan Padar Jatinegara. Sementara, di kawasan Kampung Pulo, listrik sudah mati total sejak pukul 21:30 WIB. Warga kemudian banyak diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

Sampai tulisan ini diterbitkan, ratusan warga masih bertahan di sepanjang jalan Pasar Jatinegara. Selama pemadaman lampu berlangsung banyak warga mencoba mengamankan barang-barangnya. Petugas juga membantu proses evakuasi yang masih dilakukan.

2. Air cepat merendam rumah warga 

Kampung Pulo Dilanda Banjir, Listrik Mati TotalIDN Times/Sukma Shakti

Menurut keterangan salah satu warga dari Kampung Pulo, Ilham, mengatakan air mulai naik dan merendam warga terjadi malam ini. 

"Banjir mulai naik kisaran jam 21:30 WIB," kata Ilham.

Ia mengaku juga bingung karena pukul 20:00 WIB, kondisi masih normal. Tetapi, air kemudian semakin tinggi dan merendam rumah warga.

"Mungkin karena ada air dari got juga. Cepet tadi airnya naik," tutur dia kepada tim IDN Times.

Sementara, ketinggian air banjir yang terjadi di wilayah Kampung Pulo sendiri sudah mencapai setinggi dada orang dewasa. Menurut keterangan Ilham, kawasan Kebon Pala sudah terlebih dahulu dimasuki air sebelumnya.

PLN kemudian terpaksa memadamkan aliran listrik secara total di area tersebut karena khawatir ada warga yang tersetrum. Menurut data sementara yang bisa didapatkan, wilayah yang terendam banjir di wilayah RW 03.

3. Evakuasi terus dilakukan

Kampung Pulo Dilanda Banjir, Listrik Mati TotalMargith Juita Damanik/IDN Times

Puluhan personel kepolisian dan tim bantuan masih bersiaga di wilayah yang terkena banjir. Proses evakuasi warga juga masih dilakukan.

Ilham menyebut, walau sudah ditawari untuk dievakuasi, namun masih ada warga yang memilih tetap bertahan di rumah mereka.

"Masih ada (warga) yang bertahan. Mereka tinggal di lantai atas rumahnya," kata Ilham.

Ia juga mengatakan masih banyak warga yang berusaha mengevakuasi barang-barang milik mereka, mulai dari barang elektronik dan barang berharga lainnya.

"Semua gak sempat mindahin karena kaget juga tiba-tiba naik," kata Ilham.

Topik:

Berita Terkini Lainnya