[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017

Beberapa nama bikin kaget

Jakarta, IDN Times – Kehidupan selebritis memang rentan terseret ke hal-hal yang melanggar UU Psikotropika. Narkoba seolah jadi bagian dari gaya hidup selebritis Tanah Air.

Baca juga: Polisi Siapkan Berkas Tio Pakusadewo ke Pengadilan

Tahun 2017 ini banyak deretan nama artis yang terseret kasus narkoba. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tio Pasukadewo

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga

Artis senior Tio Pakusadewo menjadi sorotan di penghujung tahun karena menambah deretan nama artis yang terkena kasus narkoba. Diketahui bahwa Tio memang memiliki sejarah kelam dengan obat-obatan terlarang itu. Tio yang sempat beberapa bulan lepas dari bayang-bayang narkotika justru kini kembali berkasus dengan narkotika.

Tio Pakusadewo kabarnya akan menjalani masa rehabilitasi di RS Selapa Polri. “Tapi proses hukum tetap berlanjut. Hasil assesment hanya akan meringankan tersangka dalam peradilan ini,” kata AKBP Doni Alexander, Kasubit II Direktorat Reserse Narkoba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (28/12) lalu.

Saat disambangi di kediamannya, Tio tertangkap sedang menggunakan sabu. Barang bukti yang diamankan polisi beratnya kurang di bawah satu gram. Ini memperkuat bahwa Tio hanyalah pemakai.

 

2. Ridho Rhoma

 
[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017antaranews.com

Pada Maret lalu, penyanyi dangdut Ridho Rhoma jadi sorotan publik karena ditangkap polisi atas dugaan kasus narkoba. Ridho ditangkap karena kedapatan memiliki dan mengonsumsi obat-obatan terlarang jenis sabu. Polisi mengamankan sabu seberat 0,7 gram dari mobil putra Raja Dangdut Rhoma Irama.

Ridho ditangkap polisi di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat (25/3) pada pukul 04.00 WIB. Diketahui tidak ada perlawanan darinya saat ditangkap polisi. Menurut pengakuan Ridho dalam persidangan, ia kembali menggunakan obat terlarang itu karena tuntutan syuting utuk membentuk badan.

 

3. Pretty Asmara

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017ANTARAFOTO/Muhammad Adimaja

Pesinetron sekaligus komedian ternama ini diciduk polisi ketika sedang menggelar pesta narkoba bersama rekan-rekannya di hotel berbintang. Pretty ditangkap bersama tujuh rekan artis lainnya yang berdasarkan hasil test urine saat itu dikabarkan positif menggunakan narkoba.

Barang bukti yang ikut ditahan polisi bersama dengan penangkapan Pretty adalah alat hisap, sabu, pil happy five, pil ekstasi serta uang tunai sebesar Rp25 juta. Tertangkapnya Pretty membuat kaget banyak orang saat itu mengingat Pretty sendiri merupakan Ketua Selebriti Anti Narkoba Indonesia. Pretty bahkan sempat menghadiri beberapa acara Anti Narkoba bersama dengan pihak BNN.

 

4. Tora Sudiro

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017antaranews.com

Nama yang satu ini juga membuat gempar ketika dikabarkan menggunakan obat-obatan terlarang. Tora sendiri ditangkap oleh pihak kepolisian di rumahnya di kawasan Tangerang Selatan. Dari kediaman Tora polisi menyita 30 butir Dumolid. Suami Mieke Amalia ini mengaku mengonsumsi obat tersebut untuk membantunya beristirahat. Sayangnya Tora mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter terlebih dahulu.

Dumolid yang dikonsumsi Tora sendiri sebenarnya bukan narkoba. Dumolid adalah varian obat terlarang yang dijual secara bebas dipasaran. Namun obat ini seharusnya diresepkan dokter pada pasien yang mengalami gangguan tidur.

Pada akhirnya Tora menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat, Cibubur, Jakarta Timur. Tora mengaku sudah mengonsumsi obat-obatan itu sejak setahun belakangan.

 

5. Axel Matthew

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017Indowarta.com

Pada bulan september lalu, putera sulung artis Jeremy Thomas ini didakwa ikut serta dalam pemufakatan untuk menerima narkotika jenis Happy Five di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat. 

Axel sendiri secara jujur mengakui kesalahannya kepada pihak yang berwajib bahwa ia memesan barang haram tersebut serta mentransfer pembayaran sebesar Rp1,5 juta. Ibu Axel, Ina Thomas dalam akun instagram pribadinya mengaku bangga karena puteranya berani bertanggung jawab atas kekeliruan yang dibuatnya dan meminta maaf karena merasa telah lalai dalam mendidik putera sulungnya.

Dukungan dari pihak keluarga dan kerabat Axel tidak berhenti dicurahkan kepada putera sulung Jeremy dan Ina Thomas ini.

 

6. Iwa K

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017antaranews.com

Rapper ternama Indonesia ini menggegerkan masyarakat karena ditangkap terkait kasus penyalahgunaan narkotika. Iwa K ditangkap di Bandar Udara Soekarno Hatta pada bulan April lalu. Barang bukti yang diamankan dari pelantun ‘bebas’ itu berupa tiga linting ganja. Setelah melakukan tes urine, Iwa K terbukti positif menggunakan ganja.

Tidak ada bantahan ataupun perlawanan dari Iwa K selama proses penangkapan sampai dengan proses peradilan. Pada sidang perdanaya Iwa K didampingi sang Istri.

 

7. Ello

[Kaleidoskop] 7 Artis yang Terseret Kasus Narkoba di 2017Rappler.com

Penyanyi yang satu ini membuat geger karena penangkapannya terkait kasus narkotika. Marcello Tahitoe atau yang akrab dipanggil Ello ditangkap karena kedapatan memiliki satu paket ganja di kawasan Jakarta Selatan.

Penyanyi bersuara merdu ini memiliki proses penangkapan yang sedikit berbeda dengan artis lainnya. Informasi peangkapan Ello baru tersebar empat hari setelah Ello ditangkap. Banyak pihak membahas mengenai kasus yang menimpa Ello dan menyayangkannya. Tidak hanya itu tattoo Ello pun kerap dibahas karena juga diduga telah memberikan kode sedari awal bahwa pria ini menggunakan obat-obatan terlarang.

Baca juga: Menkopolhukam Wiranto Sebut Peredaran Narkoba di Indonesia seperti Aliran Sungai

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya