Ini 4 Rekor yang Dipecahkan dalam Oscar 2018

3 di antaranya dipecahkan oleh perempuan.

Jakarta, IDN Times – Acara tahunan penghargaan dalam industri perfilman, Oscar, hadir untuk ke-90 kalinya di tahun 2018 ini. Terdapat kurang lebih 175 pihak yang masuk nominasi piala Oscar tahun ini.

Diadakan pada 5 Maret 2018, acara ini diisi puluhan bintang Hollywood. Ada empat rekor Oscar yang berhasil dipecahkan. Tiga dari empat rekor tersebut dipecahkan oleh perempuan.

1. Rachel Morrison Director of Photography for Mudbound

Ini 4 Rekor yang Dipecahkan dalam Oscar 2018Instagram/@mudbound

Salah satu orang yang masuk dalam jajaran nominasi oscar pada kategori Best Cinematography adalah Rachel Morrison. Rachel terlibat sebagai salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap cinematography salah satu film terbesar di 2018: Black Panther.

Namun, ia masuk nominasi oscar bukan untuk film tersebut melainkan film yang digarapnya pada tahun 2017: Mudbound. Film tersebutlah yang menghantarkan Rachel menjadi the first female director of photogtaphy yang masuk dalam nominasi Oscar.

Sebagai seorang director of photography tugas Rachel memastikan film yang dibuatnya tampak bagus untuk ditonton. Rachel bertanggung jawab atas tiap kamera yang sedang beroperasi juga menentukan siapa yang mengoperasikan kamera tersebut. Menjadi kewajibannya untuk menyajikan gambaran dan bayangan seorang sutradara menjadi gambar visual yang tepat dan memikat.

Rachel sangat berharap semakin banyak perempuan yang mau turun ke dunia sinematografi. Karena baginya dunia sinematografi bukan hanya sekedar soal idustri sinematografi atau perfilman. “Tapi untuk seorang perempuan industri ini juga berarti segala hal mungkin dilakukan asal memiliki kepercayaan bahwa diri kita bisa melakukannya,” katanya.

Baca juga: 10 Potret Rachel Morrison, Perempuan Pertama Nominasi Sinematografer Oscar

2. Greta Gerwig film maker

Ini 4 Rekor yang Dipecahkan dalam Oscar 2018Instagram@/instylemagazine

Greta menjadi perempuan kelima yang menjadi nominasi sutradara terbaik dalam ajang Oscar. Serta menjadi perempuan pertama yang kembali dinominasi sejak Kathryn Bigelow memenangkan penghargaan tersebut dengan film The Hurt Locker. Greta masuk nominasi Oscar dengan membawa film Lady Bird.

Perempuan berusia 34 tahun ini di balik kisah suksesnya memecahkan rekor dalam ajang Oscar, nyatanya ia sempat beberapa kali mengalami penolakan. Bentuk penolakannya yakni ditolak dari seluruh sekolah pasca sarjana yang ia lamar. Filmnya sendiri, Lady Bird mengalami penolakan di beberapa sekolah. Meski demikian, film ini akhirnya masuk nominasi Oscar dan mengantarkan sutradaranya memecahkan rekor di Oscar.

3. Mary J. Blidge

Ini 4 Rekor yang Dipecahkan dalam Oscar 2018Instagram/@therealmaryjblige

Mary masuk nominasi Oscar 2018 dalam kategori Best Supporting Actress dan Best Original Song dengan film Mudbound. Mary juga berkesempatan menampilkan lagu yang dibawakannya dalam film Mudbound dalam ajang Oscar. Mary menjadi sosok pertama yang yang masuk dalam dua nominasi sekaligus dari segi akting dan lagu.

Namun siapa mengira jika Mary pernah mengalami tekanan dan trauma dalam kehidupannya? Ia mengalami trauma karena ditinggal ayahnya. Selain itu, Mary juga mengalami pelecehan seksual dari sosok yang dikenalnya. Mary berusaha melupakan segala masa pahit dalam kehidupannya. Kini Mary memecahkan rekor dalam pagelaran Oscar.

4. Jordan Peele best picture, best director, best original

Ini 4 Rekor yang Dipecahkan dalam Oscar 2018Instastory/@rmorrison

Jordan mencetak sejarah sebagai keturunan African-American pertama yang berhasil masuk dalam tiga nominasi sekaligus, yakni Best Picture, Best Director, dan Best Original dalam pagelaran Oscar. Sejarah baru ini membuat namanya menjadi semakin diperhitungkan. Awal mula pertama kali Peele mengeluarkan ide untuk membuat film Get Out ia bahkan tidak yakin bahwa ide tersebut dapat dibawa ke film layar lebar.

Peele juga menjadi pria afrika-amerika kelima yang masuk dalam nominasi sebagai sutradara terbaik dalam sejarah Oscar. Keberhasilan film Get Out dalam Oscar 2018 membuatnya yakin dan percaya bahwa ia masih dibutuhkan dalam dunia sinematrografi dalam mengarahkan film di industri film internasional.

Baca juga: Daftar Pemenang 'Oscars 2018'

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya