Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 Medan

MAKERFEST 2018 akan digelar di beberapa kota lain

Medan, IDN Times – Resmi diluncurkan pada Maret 2018 lalu, MAKERFEST menyapa kota medan sebagai kota pertama dalam rangkaian MAKERFEST 2018. Kegiatan MAKERFEST ini nantinya akan digelar di tujuh kota lain, seperti Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Kegiatan ini berlangsung mulai April sampai Desember 2018.

MAKERFEST tahun ini bekerja sama dengan Tokopedia untuk mendukung industri kreatif di Indonesia. Banyaknya local creator dengan ide kreatif di Indonesia mendorong Chairman MAKERFEST 2018, William Tanuwijaya, membentuk MAKERFEST 2018 untuk memberikan panggung online dan offline bagi para local creator di Indonesia.

“Di sini (Medan) ada tantangan yang baik. Ingin coba karena Medan ini adalah kegiatan baru, ada inisiatif baru. Dan berdasarkan data pertumbuhan merchant Tokopedia di Medan sangat baik. Buyer juga bertambah tinggi,” papar Siti Fauziah selaku perwakilan dari MAKERFEST 2018 menjelaskan mengapa Medan menjadi kota pertama dari rangkaian MAKERFEST 2018

1. Acara kreatif untuk insan kreatif  

Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 MedanIDN Times/Margith Juita Damanik

Medan menjadi salah satu kota yang terhitung menjanjikan. Berdasaran sensus ekonomi tahun 2016 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, jumlah usaha tumbuh 11,5 persen dari 1,06 juta menjadi 1,18 juta usaha dalam kurun waktu 10 tahun.

Sektor perdagangan menjadi usaha yang paling domian dengan angka yang hampir mencapai 47,20 persen dari total usaha. Khusus di kota Medan, ada sekitar 226.233 Usaha Mikro Kecil (UMK), jauh lebih besar dibanding Usaha Mikro Besar (UMB) yaitu 8.184.

Baca juga: Seberapa Kreatif Diri Kamu?

2. Berhadiah sampai Rp 1 milliar  

Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 MedanIDN Times/Margith Juita Damanik

MAKERFEST 2018 ditargetkan akan diikuti oleh banyak local creator dari berbagai wilayah di Indonesia. Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition. Kompetisi ini merupakan kompetisi berkreasi para local creator yang ingin memperkenalkan dan mengembangkan bisnisnya.

Dari ratusan local creator yang mendaftar, akan dipilih 30 local creator di setiap provinsi. 30 local creator ini akan diberikan kesempatan untuk memamerkan bisnisnya dalam MAKERFEST 2018 sesuai dengan kotanya.

Setelah itu, akan dipilih 3 local creator terbaik dari setiap kota yang akan ditandingan di Jakarta dan memperebutkan hadiah istimewa. Akan ada hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 1 milliar untuk juara pertama, Rp 300 juta rupiah untuk juara kedua, dan Rp 200 juta untuk juara ketiga. Hadiah ini diharapkan dapat mengembangkan bisnis dari local creator agar dapat menjadi national brand.

3. Bekerja sama dengan pemerintah

Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 MedanIDN Times/Margith Juita Damanik

MAKERFEST 2018 bekerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan bisnis para local creator. Mulai dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika ikut mendukung acara ini.

“Lebih dari 30 persen pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi millennials. Melalui Program MAKERFEST, kami berharap kedepannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya,” tutur Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Dengan memaksimalkan manfaat dari teknologi, MAKERFEST juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pihak Kemenkominfo berharap keselarasaan antara teknologi terkini dengan kompetensi sumber daya manusia yang tinggi dapat membantu memaksimalkan peluang ekonomi digital yang semakin digemari millennials.

4. Stand untuk local creator

Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 MedanIDN Times/Margith Juita Damanik

Beragam stand dari 30 local creator terpilih mengisi Lapangan Benteng, Medan, tempat MAKERFEST 2018 perdana diadakan. Jenis produk dan bisnis yang dijalankan sangat beragam. Mulai dari Home and Living, Fashion, Pet Outfit, dan masih banyak lagi.

Para local creator juga menjaga langsung standnya sehingga memungkinkan pengunjung untuk langsung bertanya jawab dengan para local creator seputar bisnis dan produknya. Local creator dengan produk yang baru muncul satu bulan, hingga yang sudah bertahan cukup lama, mengisi stand dan turut memeriahkan MAKERFEST 2018 di kota Medan.

5. Dimeriahkan dengan hiburan dan games menarik

Horas! Ini 5 Hal Keren Di MAKERFEST 2018 MedanIDN Times/Margith Juita Damanik

Tidak lengkap rasanya mendatangi festival tanpa ada hiburan di dalamnya. Selain mengedukasi pengunjung yang datang dan para local creator yang turut berpartisipasi. MAKERFEST 2018 juga menyuguhkan beragam hiburan.

Mulai dari penampilan spesial dari White Shoes And The Couples Company dan RAN. Ada juga berbagai jenis games seru yang dapat dinikmati. Mulai dari Soccer Bowling dan juga Splash Colour. Hiburan ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di MAKERFEST 2018 sambil belajar dari pengalaman local creator yang keren.

Baca juga: 6 Bisnis Kreatif yang Gak Bakal Mati dari Masa ke Masa, Mau Coba?

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya