Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera Utara

#Pilpres2019 Sebanyak 20 persen merupakan pemilih pemula

Jakarta, IDN Times - Pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) hari ini serentak digelar di 171 daerah. Banyak daerah yang menjadi sorotan, di antaranya Sumatera Utara.  

Pemilih pemula menjadi salah satu hal yang paling disoroti di berbagai kota. Banyak kota-kota besar memiliki persentase jumlah pemilih pemula yang besar dan menjadi bagian penting yang harus terjangkau oleh para pasangan calon. Generasi millennials tampaknya harus semakin memahami, bahwa tahun ini suara mereka tidak hanya diperlukan, namun juga diperebutkan.

Suara kamu akan menentukan kelangsungan dan kemajuan kota tempat kamu berada dan berasal selama 5 tahun ke depan. Satu suaramu, lima tahun keberlangsungan kota kamu taruhannya. Jadi pastikan kamu dapat bertindak sebagai warga negara dan millennials cerdas dengan menggunakan hak suara yang kamu punya dengan baik.

Banyak fakta menarik seputar pilkada Sumatera Utara yang akan digelar di provinsi ini:

1. Ada 10,5 juta pemilih

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Tercatat hingga kini sedikitnya 10,5 juta jiwa ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sumatera Utara. Sumatera sendiri menempati juara keempat soal populasi di Indonesia, di mana provinsi ini dihuni setidaknya 13,9 juta jiwa berdasarkan informasi sensus yang dilakukan pada 2015.

Sebagai salah satu provinsi besar di Indonesia, persaingan politik di Sumatera Utara tak kalah panas, bahkan jika dibandingkan dengan Jakarta.  

2. Sebanyak 174.119 orang terdaftar sebagai pemilih pemula

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Menurut catatan KPU Sumatera Utara pada 2015, terdapat setidaknya 174.119 orang terdaftar sebagai pemilih pemula. Angka ini terus meningkat. Pemilih pemula memiliki peranan penting dalam hasil Pilkada.

Paslon umumnya akan berlomba-lomba untuk menggaet millennials. Sekitar 6,6 juta jiwa penduduk yang berstatus pemilih pemula di wilayah Sumatera Utara atau dengan kata lain kurang lebih 20 persen dari total DPT Sumatera Utara.

3. Sebanyak 23 kabupaten/kota gelar Pilkada di Sumatera Utara

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Ada 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara yang akan turut melaksanakan Pilkada serentak pada pertengahan tahun ini. Tercatat 17.176 TPS yang akan digunakan di 23 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada. Jumlah TPS terbanyak berdasarkan data tahun 2015 berada di Medan.

4. Salah satu bakal calon dinyatakan gugur oleh KPU loh

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Berita yang sempat panas beberapa waktu lalu adalah gagalnya bakal calon pasangan JR Saragih-Ance Selian menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi yang beredar, hal ini disebabkan karena KPU menilai pasangan JR Saragih-Ance tidak memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi, yakni terkait dengan Fotokopi Ijazah atau Surat tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang.

Hal ini menjadi pukulan berat bagi pasangan tersebut. Di sisi lain, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang berpasangan dengan Sihar PH. Sitorus resmi terdaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan bersaing dengan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

5. Berusaha mendekati millennials

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Salah satu upaya yang dilakukan agar lebih dekat kepada para pemilih pemula adalah dengan mengadakan event goes to campus. Cara ini dilakukan agar lebih banyak lagi pemilih pemula yang dihampiri, dan diajak untuk memilih serta disadarkan pentingnya suara mereka untuk kemajuan Sumatera Utara lima tahun mendatang.

Selain itu, kegiatan goes to school juga dilakukan untuk menjangkau pemilih pemula dengan usia paling muda. Hal ini semua dilakukan agar tingkat partisipasi masyarakat, terutama pemilih pemula, dalam memberikan suaranya semakin meningkat.

Baca juga: 5 Hal Unik dari Pilkada Papua

 

Horas! Ini 5 Fakta Unik Pilkada Sumatera UtaraIDN Times/Sukma Shakti

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya