DPR Tetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI Baru

Gubernur BI baru terpilih secara aklamasi.

Jakarta, IDN Times – Komisi XI DPR RI Rabu (28/3) menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia yang baru. Perry menggantikan Agus Martowardojo yang akan habis masa jabatannya pada Mei 2018 mendatang. Perry akan menjadi Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2018 – 2023.

Komisi XI mengumumkan nama Gubernur Bank Indonesia yang baru dan juga nama Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru. Kedua nama ini memiliki rekam jejak yang baik menurut komisi XI.

“Dua-duanya memiliki rekam jejak mumpuni. Dua-duanya moneter,” kata Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Marcus Mekeng. Besar harapan Komisi I agar dengan kepemimpian gubernur BI yang baru nilai tukar rupiah bisa menjadi semakin baik.

1. Terpilih secara aklamasi

DPR Tetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI BaruANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

“Diputuskan secara musyawarah mufakat 10 fraksi, Gubernur BI Perry Warjiyo,” kata Melchias Marcus Mekeng, Ketua Komisi XI DPR RI. Perry dipilih sebagai Gubernur BI yang baru secara aklamasi dalam komisi XI DPR RI dengan anggota yang hadir sejumlah 36 orang.

Sebelum memutuskan Komisi XI DPR RI sudah menggelar rapat bersama Badan Intelijen dan PPATK terkait dengan Gubernur BI yang baru. Nama Perry merupakan nama tunggal yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR RI.

2. Mengikuti fit and proper test

DPR Tetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI BaruANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Perry menjalani fit and proper test hari ini (28/3) mulai pukul 10.00 WIB sampai kurang lebih pukul 15.30 WIB. “Kita dengarkan penjelasan dan sampaian pendapatnya,” kata Melchias. Sebelumnya Perry menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk Perumusan Kebijakan Moneter, Makroprudensial dan Internasional di Bank Indonesia.

Perry menjalani uji kelayakan sebagaimana seharusnya di Komisi XI DPR RI. Banyak harapan untuk sang Gubernur Bank Indonesia yang baru yang disampaikan oleh Melchias. “Harapan kami komisi XI jaga stabilitas kurs dan inflasi aar bisa lebih baik,” kata Melchias. “Karena di kurs ada gangguan, kita langsung panik, padahal ekonomi kita sedang sehat dan baik. Ini kontradiksi ya,” tambahnya.

Baca juga: Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka Suara


3. Dody Budi Waluyo sebagai deputi Gubernur BI

DPR Tetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI BaruANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain penetapan Gubernur Bank Indonesia yang baru, juga terpilih nama deputi Gubernur BI. Nama Dody Budi Waluyo menjadi nama yang terpilih setelah menjalani fit and proper test. Dody sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Bank Indonesia.

“Pak Dody dulu di bawah Pak Perry. Ini akan memiliki teamwork yang baik,” ujar Melchias. Nama Dody bukan satu-satunya nama yang diajukan Jokowi sebagai calon Deputi Gubernur BI.

Ada juga nama Wiwiek Sisto Hidyat yang kini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat dan Doddy Zulverdi yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Melemah Ke Level Rp 13.657 Per Dollar AS

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya