Tidak Dapat Izin, Deklarasi #2019GantiPresiden Batal Digelar di Area CFD

Deklarasi akan dilakukan di Taman Aspirasi

Jakarta, IDN Times - Massa pendukung #2019GantiPresiden dikabarkan akan mengadakan deklarasi hari ini, Minggu (6/5). Rencana ini sudah beredar di media sosial sejak beberapa hari lalu. Acara ini akan digelar pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

Belum ada penjelasan pasti terkait siapa sosok calon presiden yang akan diusung oleh kelompok pendukung #2019GantiPresiden ini. Namun, sejuah ini yang menggelorakan tagar ini kelompok pendukung Prabowo Subinto.

Massa yang menggunakan kaus bertuliskan #2019GantiPresiden juga menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) Minggu (29/4) lalu. Sayang, aksi ini diwarnai persekusi terhadap sejumlah orang yang menggunakan kaus bertuliskan #DiaSibukKerja.

1. Deklarasi #2019GantiPresiden semula akan digelar di Patung Kuda

Tidak Dapat Izin, Deklarasi #2019GantiPresiden Batal Digelar di Area CFDInstagram/@TeguhKaosPolos

Deklarasi ini awalnya dikabarkan akan dilakukan di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Namun, tidak lama dikabarkan acara ini dipindahkan ke Taman Aspirasi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, atau tidak jauh TVRI.

Baca juga: Hampir Seminggu Berlalu, Laporan Korban Persekusi di CFD Masih Diselidiki Polisi

2. Deklarasi #2019GantiPresiden tidak diperbolehkan di CFD 

Tidak Dapat Izin, Deklarasi #2019GantiPresiden Batal Digelar di Area CFDTwitter/@PMfmcollection

Berpindahnya lokasi deklarasi #2019GantiPresiden ke Taman Aspirasi, disebut-sebut lantaran tidak berhasil mengantongi izin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan kepolisian. Sebab, zona kegiatan Car Free Day dilarang untuk kegiatan politik.

Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), kegiatan Car Free Day harus dipastikan bebas dari kegiatan berbau politik, SARA, dan orasi yang mengandung unsur ujaran kebencian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan kawasan Taman Aspirasi bukan merupakan kawasan CFD.

3. Polisi siap mengamankan jalannya deklarasi #2019GantiPresiden

Tidak Dapat Izin, Deklarasi #2019GantiPresiden Batal Digelar di Area CFDIDN Times/Margith Juita Damanik

Argo mengatakan kepolisian siap mengamankan jika deklarasi #2019GantiPresiden benar dilaksanakan hari ini. Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Pusat perihal teknis pengamanan.

"Kalau diperbolehkan akan diamankan. Tapi di luar jalur CFD," tutur dia, Jakarta, Sabtu (5/5). 

Kepolisian dan Pemprov DKI akan mengadakan tindakan preventif dan mengedukasi masyarakat yang ikut kegiatan CFD. Edukasi dilakukan dengan menyebarkan spanduk berisi informasi bagaimana CFD seharusnya dilakukan. Harapannya, kegiatan ini dapat dioptimalkan bagi masyarakat tanpa melakukan pelanggaran terhadap aturan yang berlaku.

Baca juga: Muncul Gerakan Ganti Presiden di 2019, Luhut: Ngapain Diganti?


Topik:

Berita Terkini Lainnya