7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal Berbahaya

Dua di antaranya digunakan dalam teror bom Surabaya

Jakarta, IDN Times - Belum genap sebulan, sepanjang Mei 2018, setidaknya ada empat teror bom di Indonesia. Semua terjadi di Jawa Timur. Peristiwa yang menggemparkan itu memakan puluhan korban jiwa dan luka-luka. Semua pelaku menggunakan bom dalam melakukan aksi 'bunuh diri' itu.

Di antara bom yang digunakan dalam teror kali ini adalah the mother of satan. Berikut jenis-jenis bom yang biasa digunakan pelaku teroris di Indonesia, yang jika dilihat dari namanya tampak biasa saja, namun sangat berbahaya efeknya.

1. The Mother of Satan

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaTwitter/@KemensetnegRI

Dalam pemeriksaan rumah pelaku bom bunuh diri di Surabaya, tim Densus 88 Antiteror menemuka tiga bungkus plastik. Dalam bungkusan tersebut ditemukan dua pipa yang sudah ada isinya. Berdasarkan keterangan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, jenis bom ini adalah Three Asseton Three Poropsaid (TATP).

Daya ledakannya tidak main-main, jika terkena tubuh manusia akan tercerai-berai. Bom ini pertama kali muncul di Indonesia pada 2015, saat teror bom di Mal Alam Sutera, Banten. TATP dalam beberapa waktu terakhir menjadi pilihan teroris untuk melakukan aksi teror bomnya.

Kekuatan bom ini lebih besar ketimbang bom TNT. Ini kenapa bom TATP disebut-sebut sebagai The Mother of Satan atau Ibu dari Setan.

2. Bom Panci

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times/Faiz Nashrillah

Bom ini pernah digunakan di Indonesia dalam kasus pertengahan 2017 di Kampung Kubang Bereum, Sekejati, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat. Bom jenis ini juga pernah digunakan di India pada 2006 dan di Boston Marathon, AS, pada 2013.

Panci digunakan sebagai medium dalam jenis bom ini. Di dalam panci diisi berbagai alat peledak dan benda-benda merusak lainnya. Bom ini biasanya bisa dikendalikan dari jarak jauh, karena terdapat alat pemicu yang dipasang di gagang panci, loh. Daya ledak bom ini cukup tinggi, sehingga kemungkinan menimbulkan efek kerusakan besar.

3. Bom Buku

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times

Tak jauh berbeda dengan bom panci, bom buku menggunakan buku sebagai mediumnya. Buku tebal akan dikosongkan tengahnya untuk kemudian diisi dengan bahan peledak. Buku yang sudah berisi bahan peledak ini kemudian akan dikirimkan ke alamat yang menjadi sasaran.

Bom jenis ini sempat meledak di Utan Kayu, Jakarta Timur. Harus hati-hati ya kalau dapat paket buku yang mencurigakan. Keep safe, guys.

Baca juga: Bom Gereja Surabaya, Sulitnya Agus Mencari Jasad Sang Keponakan

4. Bom Botol

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Bom yang satu ini cukup berbahaya, karena mengandalkan kobaran api untuk merusak. Kobaran api itu berasal dari ledakan yang ditimbulkan saat bom ini dilemparkan. Bom ini dikenal sebagai bom molotov. 

Bom ini menggunakan botol sebagai medium peledaknya. Botol kemudian diisi bahan peledak dan sumbu yang dapat memancing nyala api ketika di lempar ke sasaran. Bom ini kerap digunakan saat demonstrasi.

5. Bom Pinggang

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times

Bom ini dikenakan dan dililitkan di pinggang pelaku pengeboman. Biasanya, tersangka yang sudah terlilit pinggangnya dengan bom ini akan mendekat menuju lokasi atau target sasarannya.

Teror bom yang terjadi di Surabaya kemarin (13/5) diduga menggunakan bom jenis ini. Hal ini diketahui karena tubuh pelaku yang rusak hanya di bagian perut. Bom jenis ini dikabarkan diledakkan di GKI Diponegoro, Surabaya, Jawa Timur.

6. Bom Pipa

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times/Faiz Nashrillah

Bom jenis ini biasa digunakan sebagai bom bunuh diri. Bom pipa kerap dipasangkan di rompi yang digunakan pelaku bom bunuh diri. Bom ini terdiri dari beberapa pipa dan kombinasi bahan peledak lain.

Bom jenis ini memiliki daya ledakan yang cukup kuat. Bom ini sempat mengguncang Amerika Serikat pada Desember 2017. Juga terjadi di Indonesia tepat pada awal 2018. Bom ini juga diduga digunakan pelaku saat pemboman gereja di Surabaya kemarin.

7. Bom Koper

7 Nama Bom Yang Terdengar Biasa Padahal BerbahayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Mirip seperti bom panci dan bom buku, bom yang satu ini menggunakan koper sebagai medium peledaknya. Beberapa bahan peledak dan juga bahan perusak dimasukkan ke dalam koper untuk diledakkan.

Bom ini pernah digunakan dan diledakkan di Indonesia. Tepatnya di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton yang berlokasi di Jakarta Selatan pada pertengahan 2009.

Baca juga: [UPDATE] Bom Surabaya: Polisi Tangkap 9 dan Tembak Mati 4 Terduga Teroris

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya