5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket Profesional

Teh Pucuk Harum mengadakan sharing session dengan pemain IBL

Jakarta, IDN Times Indonesian Basketball League 2017-2018 yang didukung oleh Teh Pucuk Harum sebagai Official Tea Drink menggelar meet and greet bersama dengan pecinta olah raga basket. Bertempat di kawasan Setiabudi, Jakarta, Teh Pucuk Harum mengadakan sharing session dengan mengumpulkan komunitas-komunitas penggemar basket. Indonesian Basketball League telah mengadakan pertandingan seri ke-4 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta, pada 4-6 Januari 2018.

Dalam sharing session yang diadakan, terlihat kegembiraan dari anggota komunitas yang hadir. Salah satunya Alwin, pelajar SMAN 22 Jakarta. Ia mengatakan sebagai pemain basket di sekolahnya, berkumpul bersama dengan rekan satu tim merupakan hal penting yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan ikatan persahabatan.

“Selalu ada momen kebersamaan untuk terus diingat,” kata Alwin.“Saya dan rekan-rekan sangat suka menyaksikan pertandingan Indonesian Basketball League, tidak menyangka bahwa Teh Pucuk Harum bisa memberikan kita kesempatan bertemu dengan tim dan pemain idola kita di sini. Surprise sekali!” tambahnya.

Selain dengan komunitas basket di tingkat SMA, Teh Pucuk Harum dalam sharing session ini juga menghadirkan pemain dari klub Pelita Jaya untuk dapat berbagi dengan para anggota komunitas. Memberikan tips dan nasihat agar dapat menjadi pemain basket unggulan adalah materi yang disampaikan. Adapun dua pemain dari klub Pelita Jaya yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut adalah Andrey Rido Mahardika dan Oki Wirasanjaya. Mereka berdua berkesempatan memberikan tips agar dapat menjadi pemain basket profesional.

1. Gak boleh setengah-setengah

5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket ProfesionalIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Basket merupakan olahraga yang banyak digemari Millenials dan Gen Z. Tidak jarang kegiatan basket sendiri menjadi kegiatan kegemaran anak laki-laki mulai dari tingkat SD sampai SMA, bahkan perguruan tinggi. Perkembangan pertandingan basket di Indonesia juga semakin tahun semakin baik. Namun menjadi pemain basket profesional ternyata bukan hal yang mudah.

Bagi Oki, menjalankan pekerjaan ataupun hobi yang digeluti 100% menjadi salah satu cara agar dapat bekerja secara profesional dan menghasilkan hasil terbaik. “Lakuin 100%, jangan setengah-setengah,” kata Oki. “Karena percuma juga kalau setengah-setengah ya kita ga bisa dapetin apa yang kita inginin gitu,” tambahnya. Memberikan usaha terbaik 100% menjadi cara bagi Oki tidak hanya untuk tampil maksimal namun juga untuk mengembangkan diri agar menjadi semakin baik.

Baca juga: 5 Resep Teh Kekinian di Indonesia, Murah dan Gak Perlu Antre!

2. Dengarkan pelatih

5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket ProfesionalIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Di balik setiap pemain yang keren tentu ada pelatih yang tidak kalah kerennya sehingga dapat membentuk pemain yang bisa diandalkan menjadi juara. Bagi Oki, mendengarkan dan berkonsultasi dengan pelatih mengenai posisi, cara bermain, dan pertandingan yang akan dihadapi adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri.

Baginya penting mendengar nasihat dan masukan dari pelatih agar dapat lebih baik lagi. Hal inilah yang juga diterapkan Oki untuk mengasah dan mengembangkan kemampuannya. Selain itu mendengarkan setiap kritik dan masukan dari sang pelatih juga membuatnya lebih paham dan mampu berjuang dengan lebih baik dan optimal lagi.

3. Wajib berdisiplin

5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket ProfesionalIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Sebenarnya tidak hanya dalam pertandingan basket, hal yang satu ini juga harus diterapkan dalam melakukan setiap pekerjaan apapun bidangnya. Disiplin menjadi kunci agar dapat menjadi seseorang yang profesional, dapat diandalkan dan menjadi juara. Bagi Oki sendiri hal ini menjadi kunci agar dapat menjadi pemain basket yang profesional.

Bagi Oki dan Andre tidak hanya disiplin soal waktu dan durasi latihan selama mereka berlatih yang perlu diperhatikan. Hal lain yang juga memerlukan disiplin adalah memperhatikan jam istirahat agar kondisi fisik tetap fit dan prima sehingga dapat bertanding dengan optimal. Selain itu, asupan makanan yang mereka makan juga harus diberi batas disiplin agar memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh cukup dan dapat menjaga stamina mereka sebagai seorang atlet profesional.

4. Jangan gampang mengeluh

5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket ProfesionalIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Andre menambahkan, untuk menjadi atlet, seorang pemain tidak boleh banyak mengeluh. “Kalau menurut saya untuk anak sekarang tuh, jangan mengeluh, lah,” kata Andre. Bagi Andre kebiasaan mengeluh hanya akan menurunkan semangat sehingga tidak dapat memberikan hasil dan usaha yang optimal.

“Mengeluh tuh semangat jadi berkurang,” katanya. Kebiasan mengeluh juga hanya akan membuat pemain menjadi semakin tidak yakin dengan kemampuannya, bukan malah membuat pemain ingin mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik. “Dengan kalian mengeluh tuh hanya buang-buang waktu, lebih baik di rumah saja daripada setiap latihan malah mengeluh jadinya buang waktu,” katanya menambahkan.

5. Belajar dari Idola

5 Hal Ini Perlu Dilakukan Agar Jadi Pemain Basket ProfesionalIDN Times/ Margith ​Juita ​ Damanik

Hal lain yang menurut Andre dan Oki dapat dilakukan untuk mengembangkan diri agar menjadi pemain basket profesional dan andalan untuk menjadi juara adalah dengan belajar dari sang idola. Setiap orang tentu memiliki idola di bidang yang digemari atau digeluti untuk dijadikan pelajaran. Melihat dan belajar dari sosok sang idola akan menambah semangat dan memacu agar menjadi lebih baik, agar menjadi sama atau bahkan jauh lebih baik dari idola yang ada.

Cara agar dapat belajar dari para idola menurut Andre dan Oki sudah semakin banyak kemungkinannya untuk dilakukan. Tidak hanya lewat jejaring sosial media sang idola yang dapat diikuti dan dipraktekkan, banyak juga event-event yang memberikan kesempatan bagi para Millenials dan Gen Z untuk belajar langsung dari sang idola. Misalnya melalui sharing session seperti yang Teh Pucuk Harum adakan atau juga melalui coaching clinic yang diadakan dan kerap mengundang pemain-pemain basket terbaik Indonesia.

Acara ini sengaja diadakan oleh Teh Pucuk Harum untuk memberikan kesempatan bagi para calon pebasket profesional Indonesia di masa depan agar dapat belajar dan sharing langsung bersama dengan sang idola.

“Teh Pucuk Harum, melalui sharing session ini ingin menyampaikan pesan kepada seluruh pecinta basket dan generasi muda Indonesia lainnya, agar terus semangat dalam menggali passion serta menggapai cita-cita sekaligus meraih pucuk prestasi di masa depan,” kata Juanita selaku Brand Manager dari Teh Pucuk Harum.

Baca juga: 10 Jenis Teh Paling Populer Ini Punya Khasiat Ajaib Lho

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya