Survei Sebut Soeharto Paling Berhasil, Partai Berkarya: "Ada Kerinduan"

Survei digelar oleh Indo Barometer

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, menanggapi hasil survei Indo Barometer yang menyatakan Presiden Soeharto dinilai sebagai presiden yang paling berhasil di antara ketujuh presiden lainnya. 

Karena itu langkah Partai Berkarya mengangkat memori mengenai Soeharto, dinilai Priyo sangatlah tepat. 

1. Sambut gembira hasil survei Indo Barometer

Survei Sebut Soeharto Paling Berhasil, Partai Berkarya: Ada KerinduanIDN Times/Ahmad Mustaqim

Priyo mengatakan Partai Berkarya menyambut gembira hasil survei Indo Barometer yang menempatkan Pak Harto sebagai Presiden yang paling berhasil memimpin Indonesia. 

"Seperti diprediksi, akan tiba suatu masa di mana masyarakat luas akan terkenang kembali jasa dan prestasi para pemimpinnya, termasuk era Presiden Soeharto," ujar Priyo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (21/5). 

Baca juga: Sepenggal Nostalgia Gerakan Mahasiswa Kampus Biru

2. Masyarakat belakangan ini merindukan zaman Soeharto

Survei Sebut Soeharto Paling Berhasil, Partai Berkarya: Ada KerinduanIDN Times/Ahmad Mustaqim

Menurut mantan politikus Partai Golkar ini, beberapa tahun belakangan memang terasa kerinduan terhadap era Soeharto, terutama di berbagai daerah di tanah air. Sehingga, ujar dia, Partai Berkarya merasa membawa nama Soeharto adalah strategi yang tepat.

"Kini kami tidak ragu-ragu mengatakan bahwa salah satu strategi Partai Berkarya adalah mengangkat kembali memori masyarakat pada zaman Pak Harto dengan tagline yang sudah beredar luas ‘luwih enak zamanku to?’ bersama foto Pak Harto dengan senyum khasnya," beber Priyo.

3. Partai Berkarya dipimpin langsung keturunan Soeharto

Survei Sebut Soeharto Paling Berhasil, Partai Berkarya: Ada KerinduanIDN Times/Ahmad Mustaqim

Priyo juga meluruskan pandangan yang kerap menyamakan Berkarya dengan Golkar, kendaraan politik Soeharto di masa lalu. 

"Platform kami hampir sama dengan partai Golkar dan partai nasional besar lainnya tentang ke-Indonesiaan, kebangsaan, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan lainnya. Yang membedakan ialah Partai Berkarya kini dipimpin langsung Hutomo Mandala Putra trah Soeharto," ujarnya.

Selanjutnya, Priyo mengungkapkan bahwa Berkarya juga akan mengusung kembali ajaran Soeharto tentang Tri Logi Pembangunan.

4. Tak baik mencela pemimpin

Survei Sebut Soeharto Paling Berhasil, Partai Berkarya: Ada KerinduanIDN Times/Ahmad Mustaqim

Lebih lanjut, Priyo juga meminta seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama merajut sejarah kebaikan-kebaikan semua zaman, baik Orde Lama, Orde Baru, maupun Orde Reformasi. 

"Kita serap kebaikan, prestasi, dan capaian masing-masing Orde tanpa harus berlebihan mencela para pemimpin pada zamannya. Bangsa ini akan besar kalo berdamai dengan sejarah dan tidak lagi tenggelam dalam kebencian sejarah," tutupnya. 

Seperti diketahui Lembaga survei Indo Barometer menggelar survei evaluasi 20 tahun Reformasi. Hasilnya, Soeharto dipilih 32,9 persen responden sebagai presiden paling berhasil dari. Di posisi kedua ditempati oleh Soekarno dengan presentase sebesar 21,3 persen. Posisi ketiga Presiden Jokowi 17,8 persen. Menyusul di bawah Susilo Bambang Yudhoyono dengan 11,6 persen.

Selanjutnya, BJ Habibie dengan 3,5 persen. Abdurrahman Wahid sebesar 1,7 persen dan Megawati di posisi terakhir dengan 0,6 persen. 

Baca juga: 58 Tahanan Teroris Dipindah Ke Gunung Sindur, Ini Tanggapan Fadli Zon

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya