Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas

Gubernur DKI menjanjikan bantuan dari makanan hingga tempat tinggal

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jumat (30/3) meninjau langsung lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Perumahan Taman Kota, RT 016 RW 005, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Begitu tiba di lokasi, Anies langsung diserbu para korban musibah kebakaran tersebut.

Dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis malam membuat 109 rumah hangus dilalap si jago merah. Selain itu, dua warga meninggal dunia, yaitu Apo (70) dan Ana (40). Lalu, bantuan apa yang diberikan oleh Pemprov DKI bagi para korban?

1. Ada 2.500 paket makanan

Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas Humas Pemprov DKI

Selain menenangkan warga yang menjadi korban kebakaran, Anies juga memastikan akan menjamin kebutuhan korban kebakaran Taman Kota, termasuk pangan setiap harinya. Ia mengaku akan menyiapkan 2.500 paket makanan.

"Insya Allah kami akan siapkan saat ini tim dari Sudin (Suku Dinas) Sosial sudah bekerja dan menyiapkan 2.500 makanan (bagi) warga di sini. Insya Allah terjamin kebutuhan pangannya," ujar Anies di lokasi, Jumat (30/3).

Baca juga: Ini 5 Fakta Mengejutkan tentang Kebakaran di Jakarta

2. Jamin kebutuhan pakaian

Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas Humas Pemprov DKI

Tak hanya makanan, Anies juga memastikan kebutuhan pakaian korban yang habis dilalap api akan dipenuhi.

"Kedua, juga kebutuhan sandang disiapkan karena habis sama sekali. Ibu-ibu yang tadi ketemu saya semua mengeluhkan habis sama sekali tidak ada yang tersisa, yang ada hanya pakaian yang menempel di badan," katanya. 

Anies juga mengatakan akan menjamin pakaian seragam sekolah bagi anak-anak yang turut menjadi korban.

3. Usulkan ujian sekolah ditunda

Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas Humas Pemprov DKI

Mengingat Senin (2/4) merupakan ujian minggu pertama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Anies mengusulkan agar ujian tersebut ditunda.

"Karena anak-hari Senin besok akan sekolah, ada sebagian ujian (pada hari) Senin. Kami akan bantu dan kita akan fasilitasi, lalu kita akan atur. Kalau perlu anak-anak yang ujian Senin besok ditunda dulu sehingga mereka bisa sepenuhnya recover," katanya menjelaskan. 

Baca juga: Kebakaran di Gedung DPR, Asap Muncul dari Ruang Fahri Hamzah

4. Bantuan tempat tinggal sementara

Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas Humas Pemprov DKI

Sementara, terkait tempat tinggal bagi korban, Anies sudah menyiapkan beberapa lokasi yang akan menjadi posko sementara.

"Sudin Sosial sedang menyiapkan yang sudah ada, seperti Musala, Balai RW dipakai, juga tenda disiapkan. Terima kasih TNI juga (telah) menyiapkan tenda, Polda dan Sudin juga. Tagana juga. Insya Allah semua tertangani," kata dia.

5. Berharap masyarakat turut berpartisipasi memberi bantuan bagi korban

Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas Humas Pemprov DKI

Kemudian, Anies juga mengajak warga agar turut membantu korban dengan memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

"Ini musibah yg tidak ringan, jadi pantauan sejauh ini seperti itu. Jadi warga Jakarta yang mau beri bantuan, pakaian, pampers, kemudian makanan, atau vitamin ini di RT 16 RW 05 kecamatan Kembangan Utara, silakan," katanya. 

Baca juga: Ada Kebakaran di Taman Kota, Perjalanan KRL Lintas Duri-Tangerang Terganggu

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya