Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan Negara

Jokowi mengapresiasi para wanita yang berjuang untuk negeri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memberikan apresiasi kepada 10.996 perempuan yang terdiri dari Polwan, TNI wanita, ASN wanita, dan segenap wanita komponen bangsa.

Apresiasi tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin apel bersama dalam rangka memperingati Hari Kartini di silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, hari ini, Rabu (25/4).

1. Jokowi berterima kasih kepada wanita yang mengabdi sebagai prajurit TNI dan Polwan

Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan NegaraIDN Times/Linda Juliawanti

Dalam pidatonya, Jokowi memuji anggota korps wanita dari TNI dan Polri yang bersedia mengemban tugas berat, demi menjaga keamanan bangsa dan negara.

"Saudari hebat dan pemberani, tidak gentar terhadap tantangan yang penuh risiko, yang telah memilih profesi yang mulia ini dengan penuh pengabdian. Saya ingin menyampaikan penghargaan dan harapan kepada saudari semuanya. Terima kasih atas kontribusi saudari dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara," ujar Jokowi dalam sambutannya.

2. Jumlah parjurit TNI wanita dan Polwan semakin meningkat 

Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan NegaraIDN Times/Linda Juliawanti

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengungkapkan kebanggaannya lantaran jumlah dan peran wanita sebagai prajurit TNI dan Polri kian meningkat. 

"Masyarakat Indonesia telah menyaksikan bahwa korps wanita semakin tampil di depan dalam menjalankan fungsi TNI dan Polri, tampil di depan dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat, tampil di depan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, dan semakin banyak yang menduduki posisi strategis baik di TNI maupun Polri," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Apel 10 Ribu Polwan dan TNI Wanita di Monas

3. Negara membutuhkan peran wanita yang lembut dan tegas

Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan NegaraIDN Times/Linda Juliawanti

Jokowi memastikan peran wanita yang semakin besar ini bukan terjadi karena belas kasihan atau lantaran kuota yang ditetapkan pemerintah. Namun, peran wanita yang semakin besar dan semakin strategis ini dikarenakan masyarakat, pemerintah, dan negara memang membutuhkan peran wanita yang lebih besar dalam memberikan rasa aman.

"Dalam bebagai kesempatan di bawah korps wanita TNI dan Polwan benar-benar terampil di lapangan, bisa membuat situasi yang sulit dapat menjadi tenang dan terkendali. Itulah kelebihan perempuan: lembut tapi tegas, itulah yang dibutuhkan bangsa ini," tutur dia.

4. Prajurit TNI wanita dan Polwan jadi idola baru di media sosial 

Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan NegaraIDN Times/Linda Juliawanti

Presiden juga mengatakan dirinya kerap memantau berbagai perkembangan di media sosial, dan menemukan ada prajurit TNI wanita atau pun Polwan yang kerap menjadi idola netizen.

"Di sosmed maupun media elektronik saya sering melihat anggota TNI dan Polisi wanita yang ramai diperbicangkan oleh para netijen, yang diidolakan dan dielu-elukan oleh masyarakat dan memperoleh apresiasi yang luas dari masyarakat, karena pendekatan sosial yang ramah, pelayanan yang sopan dan penuh penghormatan seperti karakter pelayanan publik saat ini," kata dia.

5. Jokowi ajak segenap wanita komponen bangsa meneruskan semangat juang Kartini

Jokowi: Kelebihan Perempuan Lembut tapi Tegas, Itulah yang Dibutuhkan NegaraIDN Times/Linda Juliawanti

Lebih lanjut, Jokowi mengajak 10.000 lebih peserta apel yang hadir pagi ini, untuk meneruskan semangat juang Kartini dalam membangun keadilan, memajukan bangsa, dan negara.

"Saudari semuanya adalah simbol inspirasi sebagai perempuan Indonesia dimana pun mereka berada. Saudari semuanya adalah ekspresi kasih sayang negara kepada masyarakatnya. Saudari semuanya adalah contoh teladan bagi kemajuan kita," ucap Presiden.

"Jangan pernah lelah mencintai negara, tunjukanlah wajah kecintaan Ibu Pertiwi kepada insan-insan Indonesia," imbuh Jokowi.

Baca juga: Pendaki Perempuan Ucapkan Selamat Hari Kartini dari Kaki Everest

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya