Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Gelar Mudik Gratis

Buruan daftar sebelum kehabisan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (kemenhub) menggelar mudik gratis untuk 2.500 orang yang ingin merayakan maupun liburan Natal dan Tahun Baru 2018 di kampung halaman.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan mudik gratis ini disiapkan bebas untuk siapapun yang membutuhkan. 

"Pendaftaraan hari ini dibuka arahnya ke Semarang, Solo dan Yogyakarta, tahun depan akan diperbanyak tentunya," ujarnya pada diskusi mengenai Persiapan Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (11/12).

Untuk mudik gratis ini pihaknya telah menyiapkan 50 bus yang akan diberangkatkan pada 23 Desember 2017 dari Ancol, Jakarta Utara.

"Karena ini pertama kalinya dan baru hari ini pendaftaraan secara online dibuka, maka terbatas, begitu kuota terpenuhi maka akan langsung ditutup," terangnya.

Baca juga: Ikut Nikah Massal di Jakarta saat Tahun Baru? Siapkan 3 Hal Ini

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Gelar Mudik Gratis suaranews.com

Adapun tujuan mudik gratis tak lain demi untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan pribadi.

"Tentu saja kami harap ini dapat mengurangi masyarakat yang mudik dengan motor, kita lihat animonya seperti apa," ujar Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub Cucu Mulyana pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Cucu meminta, kepada para pemudik yang enggan memanfaatkan mudik gratis ini agar tetap memperhatikan kelengkapan sarana, prasarana, dan pengemudi itu sendiri dalam berkendara.

"Data menunjukan 60 persen penyebab kecelakaan adalah pengendara itu sendiri. Lalu cuaca juga harus diperhatikan sebelum mudik," pungkasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pogram mudik gratis ini dapat melakukan pendaftaran dengan dua cara yaitu online dan offline. 

Pendaftaran manual dapat dilakukan dengan mendatangi posko di kantor Kemenhub . Sedangkan online dengan mengunjungi situs mudikgratis.dephub.go.id. 

Baca juga: Hujan Deras, Waspada Sejumlah Titik Banjir dan Pohon Tumbang di Jakarta

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya