KPK Lakukan OTT Terhadap Anggota Dewan hingga Pejabat di Jambi

KPK temukan uang lebih dari Rp 1 miliar

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jambi dan Jakarta. Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan 10 pejabat yang terdiri dari anggota DPRD Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi dan pihak swasta, Selasa (28/11).

"Tim di bidang penindakan mengamankan sejumlah orang, sejauh ini sekitar 10 orang yang diamankan di Jambi dan di Jakarta. Di Jakarta ada tiga orang dan di Jambi ada tujuh orang," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Selasa (28/11) malam.

Baca juga: Anggota HANURA Ditangkap Dalam Operasi Tangkap Tangan KPK Semalam

KPK Lakukan OTT Terhadap Anggota Dewan hingga Pejabat di Jambi aktual.com

Menurut Febri, KPK menyita uang sebesar Rp 1 miliar dari OTT tersebut. Pihaknya menduga uang tersebut  sebagai suap yang diberikan kepada penyelenggara negara, terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jambi tahun 2018.

"Uang masih dalam proses perhitungan, karena tim sebagian masih di Polda Jambi. Sejauh ini kami dapatkan informasinya uang yang diamankan sekitar lebih dari Rp1 Miliar. Diduga ada praktek pemberian dan penerimaan oleh penyelenggara negara setempat dengan pembahasan dan proses APBD tahun 2018 di Jambi," ungkapnya.

Meski demikian, Febri enggan membeberkan secara detail kasus yang melibatkan anggota DPRD dan pejabat Pemprov Jambi itu. 

"Dalam APBD itu kan ada proses penyusunan dan pembahasan, ada proses pengesahannya juga. Kami tentunya belum bisa disampaikan bagian yang mana yang dipengaruhi dalam pemberian sejumlah uang ini. Intinya ada dugaan pemberian sejumlah uang pada penyelenggara negara untuk atau terkait dengan APBD 2018," jelas dia.

KPK Lakukan OTT Terhadap Anggota Dewan hingga Pejabat di Jambi merdeka.com

Untuk itu, KPK masih terus menyelidiki dugaan keterlibatan pihak-pihak yang diamankan saat OTT  tersebut.

"Tentunya tim lebih dahulu harus melakukan proses awal. Kita punya waktu sekitar 24 jam sampai dengan penentuan status dari pihak yang diamankan tersebut," kata dia.

Adapun pihak yang diamankan di Jakarta sudah dibawa ke gedung KPK untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut sampai dengan besok.

KPK Lakukan OTT Terhadap Anggota Dewan hingga Pejabat di Jambi tandaseru.id

Sementara untuk tersangka yang berada di Jambi, pihaknya sampai saat ini masih melakukan pemeriksaan. 

Berdasarkan informasi, KPK mengamankan beberapa orang di Jambi dalam sebuah OTT di Jambi. Yakni anggota DPRD dari PAN yang juga Ketua Harian DPW PAN Jambi berinisial S, anggota DPRD Jambi dari Partai Demokrat berinisial N.

Selain itu, terdapat Ketua ormas sayap PAN berinisial GW, Asisten III Provinsi Jambi berinisial Sy dan seorang sopir. Mereka diamankan di sebuah hotel di Jambi.

Baca juga: KPK Blokir Rekening Keluarga Setya Novanto

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya