Ini 3 Hobi Novanto yang Dilakukan saat Akhir Pekan di Tahanan KPK

Novanto juga memberikan petuah pada Bamsoet

Jakarta, IDN Times - Terdakwa korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Setya Novanto, semakin hari tampak legowo menghadapi perkara hukum yang menimpanya.  

Selain terlihat lebih sehat, Novanto sekarang semakin terbuka kepada media dan tak lagi membisu seperti saat pertama dirinya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

1. Nonton pertandingan bola Indonesia vs Islandia

Ini 3 Hobi Novanto yang Dilakukan saat Akhir Pekan di Tahanan KPKIDN Times/Linda Juliawanti

Novanto ternyata tetap menikmati hidup meski tengah berada di balik jeruji besi. Di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur, cabang KPK tersebut, Novanto mengaku mengisi kegiatan pada akhir pekan dengan menonton pertandingan sepakbola antara Indonesia Selection melawan Islandia yang digelar pada Minggu, 14 Januari di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Saya hanya menonton pertandingan bola Indonesia vs Islandia. Kalah ya. Lemes ya (mainnya), padahal main di awal bagus," kata Novanto sebelum persidangan pokok perkara dimulai di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

Meski kalah, Novanto tetap mendukung Indonesia apapun hasilnya. "Ya, saya pasti menjagokan Indonesia lah. Waduh seneng kita, pas gawang Islandia kebobolan. Ya, lumayan lah, kita melihatnya ada kemajuan. Ke depan lebih hati-hati dan disiplin lagi," ucap dia.

Namun, Novanto mengaku tak menyaksikan pertandingan Liverpool vs Arsenal yang juga digelar tadi malam. "Tidak, kemaleman," kata dia, tersenyum.

Baca juga: Jadi Justice Collaborator, Setya Novanto Bisa Jadi Sasaran Tembak

2. Main pingpong

Ini 3 Hobi Novanto yang Dilakukan saat Akhir Pekan di Tahanan KPKANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Novanto mengaku selama di rutan ia selalu menjaga kesehatan. Dia tak pernah melewatkan olahraga agar tetap bugar meski menjadi pesakitan.

"Kegiatan olahraganya jogging bisa, pimpong bisa. Yang penting untuk kesehatan. Alhamdulilah, masih bugar di dalam rutan," ujar dia.

"Saya memang pernah kecelakaan saat main pimpong, tapi sudah membaik," ucap dia.

3. Doakan Bambang Soesatyo memajukan pemerintah

Ini 3 Hobi Novanto yang Dilakukan saat Akhir Pekan di Tahanan KPKIDN Times/Linda Juliawanti

Pada kesempatan ini, Novanto juga mendukung terpilihnya Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR, menggantikan dirinya.

"Ya, bagus. Saya doakan Pak Bamsoet bisa mendorong untuk membantu pemerintah," kata dia.

Menurut Novanto, saat ini memang waktu yang tepat untuk Bamsoet mengisi kursi DPR yang kosong sejak ditinggalkannya.

"Ya, memang sudah saatnya Pak Bamsoet sudah menjadi (Ketua DPR), karena Beliau sudah banyak pengalaman dan belajar di partai," kata dia.

Tak hanya itu, Novanto juga memberikan petuah kepada Bamsoet sebagai ketua DPR RI harus mampu memenuhi keinginan rakyat.

"Dia sebagai ketua DPR harus bisa memenuhi keinginan rakyat, karena dengan keinginan rakyat bisa berpaling kepada bangsa dan negara. Dan saya yakin Pak Bambang bisa bekerja sama dengan wakil-wakilnya," kata dia.

Mantan Ketua DPR Setya Novanto hari ini menjalani sidang kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Sidang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan agenda pemeriksaan saksi.

Baca juga: Tahan Mantan Pengacara Setya Novanto, KPK Bantah 'Kriminalisasi' Profesi Advokat

Topik:

Berita Terkini Lainnya