Grace Natalie Tantang Parpol Lain Ikuti Cara Rekrutmen Kekinian Ala PSI

Ada makna misterius di balik nomor urut 11 untuk PSI

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi satu dari empat partai baru yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019. 

Dikenal sebagai partai anak muda, partai yang mendapatkan nomor urut 11 ini punya cara menarik dalam merekrut calon legislatif yang nantinya bakal duduk kursi DPR.

1. Sehati dengan nomor 11

Grace Natalie Tantang Parpol Lain Ikuti Cara Rekrutmen Kekinian Ala PSIIDN Times/Linda Juliawanti

Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku bangga dan bahagia partainya lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, sebagai peserta Pemilu 2019.

"Kalau partai-partai lain lolos biasa saja, kami senang luar biasa. Karena prosesnya bagi kami begitu berat," kata Grace di Kantor PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (19/2). 

Grace mengatakan terkait nomor undian yang diperoleh PSI punya makna tersendiri.

"Kami sudah mengambil undian, terus terang kita happy aja dapat nomor apapun. Ternyata banyak cocok-cokokan dengan nomor 11, dalam kata solidaritas ada 11 huruf, tahun ini dalam penanggalan China itu shio anjing shio ke-11. PSI lahir di bulan November bulan 11, keren lah kita udah sehati dengan nomor 11," kata dia.

Baca juga: Ini Nomor Urut 14 Partai Politik Peserta Pemilu 2019 Hasil Undian KPU

2. Kampanye kreatif untuk menggaet anak muda manfaatkan media sosial

Grace Natalie Tantang Parpol Lain Ikuti Cara Rekrutmen Kekinian Ala PSIIDN Times/Linda Juliawanti

Mantan jurnalis televisi ini mengatakan PSI akan memberikan dukungan penuh kepada calon kepala daerah yang punya kinerja baik dengan cara-cara yang kreatif. 

"Mekanisme yang berlaku di PSI adalah bottom-up, jadi teman-teman kita challenge untuk rembuk, polling, dan argumentasi untuk mencari siapa calon terbaik, lalu setelah didukung kita bantu buat materi video untuk campaign bagi kepala daerah melalui medsos," ucap Grace.

Berdasarkan pengalamannya, millennials menyukai kampanye melalui media sosial dengan melihat substansinya.

"Kalau subtansi kami bagus orang akan kasih jempol dan share. Tapi kalau jelek mau di push berapa pun percuma. Ini kita belajar benar-benar tawarkan keunggulan bagaimana PSI punya pengalaman di medsos, bagaimana membuat konten yang baik yang subtansinya padat. Karena sekarang millennials gak mau yang berat-berat, mereka gak suka yang remeh-temeh," kata dia.

Menurut Grace, nantinya PSI akan menerjunkan kader-kadernya untuk menjadi saksi pada pencoblosan Juni mendatang.

"Kita siap menerjunkan para anggota PSI, para pengurus yang jumlahnya 25 ribu orang, dan dengan kriteria verifikasi yang lalu bisa diyakinkan itu bisa diandalkan, karena orang-orangnya ada, masih hidup, masih ada di kota itu. Semuanya siap bergerak," ujar dia.

3. Proses rekrutmen caleg dilakukan dengan transparan

Grace Natalie Tantang Parpol Lain Ikuti Cara Rekrutmen Kekinian Ala PSIIDN Times/Linda Juliawanti

Saat ini, kata Grace, PSI masih dalam proses rekrutmen. Karena itu, Grace mengajak masyarakat untuk bergabung dengan PSI.

"Rekrutmen masih jalan, kalau legislatifnya kita kemarin udah ada 1.155 pendaftar. Kami ajak orang-orang yang antikorupsi dan antiintoleransi, ayo ikut parlemen, ini benar-benar terbuka, nothing to lose," kata dia.

Grare menuturkan untuk menjadi anggota PSI tidaklah sulit, karena mengaku menjadi kader tidak membutuhkan biaya apapun.

"Sama sekali gak ada biayanya kok, kalau kamu bagus, juri-juri akan ngasih tiket ya kita loloskan. Ini kita mencari orang-orang terbaik. Silakan daftar, gak ada uang, mekanismenya jelas," tutur dia.

4. Tantang parpol lain ikuti cara rekrutmen PSI

Grace Natalie Tantang Parpol Lain Ikuti Cara Rekrutmen Kekinian Ala PSIIDN Times/Linda Juliawanti

Grace menantang partai politik lain mengikuti proses rekrutmen yang dilakukan oleh PSI secara terbuka. Perbaikan politik Indonesia satu-satunya cara yaitu dengan memperbaiki ptoses rekrutmen.

"Selama ini, kita gak tahu nama-nama di surat suara, bagaimana track record-nya, padahal ini jabatan publik, di mana mereka punya kewenangan membuat UU. Untuk posisi penting ini tidak ada rekrutmen yang jelas, bagaimana proses itu dilakukan? Tapi mereka hanya mengadakan proses rekrutmen internal," ujar dia.

"Jadi saya tantang bro dan sis, kita visinya memperbaiki politik baik, silakan ditiru kepada partai politik lain untuk mengisi jabatan publik di negeri ini. Inilah pembaruan yang kita lakukan," Grace menambahkan.

Baca juga: Resmi Jadi Peserta Pemilu, PSI 100 Persen Dukung Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya