Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1439 H Dilakukan Selasa Depan

Proses sidang isbat digelar secara tertutup selepas salat magrib

Jakarta, IDN Times - Bulan suci Ramadan akan tiba dalam hitungan hari. Untuk menentukan tanggal kapan umat Islam akan menjalankan ibadah puasa, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat.

1. Sidang isbat dilakukan Selasa depan

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1439 H Dilakukan Selasa DepanIstimewa

Untuk menentukan awal Ramadan 1439 H, pihak Kemenag akan menggelar sidang isbat pada Selasa (15/5) depan yang dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Menjelang Ramadan, DMI dan Unilever Bersih-Bersih 2 Ribu Masjid

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, A Juraidi.

2. Pemantauan hilal dilakukan usai salat Magrib digelar tertutup

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1439 H Dilakukan Selasa DepanIstimewa

Junaidi menyebut sidang akan diawali oleh pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439 H. Sementara proses sidang isbat digelar secara tertutup selepas salat magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," ujar Junaidi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (10/5). 

Sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

3. Lokasi pemantauan hilal

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1439 H Dilakukan Selasa DepanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut Direktur Urais Binsyar Kemenag tersebut juga, merincikan titik pemantauan hilal yang akan dilakukan di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

"Di Aceh di 7 lokasi salah satunya di Tugu “KM. 0” Indonesia, Kota Sabang, lalu di Lampung di 2 lokasi yakni POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda dan POB Pekon Ratu Agung Pesisir Barat," paparnya.

Kemudian DKI Jakarta pemantauan digelar di 4 lokasi yakni Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lt. 7; Masjid Al-Musyari’in Basmol Jakarta Barat; Pulau Karya Kep. Seribu; dan DKM Masjid KH. Hasyim Asyari

Sementara untuk Jawa Barat di 8 lokasi yakni Pusat Observasi Bulan Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi; Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat; Gunung Babakan Kota Banjar; LAPAN Santolo Garut; Pantai Cipatujah Tasikmalaya: Pantai Gebang Cirebon; SMA Astha Hannas, Binong, Kab. Subang; dan Pantai Pondok Bali Pamanukan Kab. Subang

Selain itu, masih ada sejumlah titik yang akan menjadi lokasi pemantauan hilal. "Hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," tutup dia.

Baca juga: Sandiaga Larang Sahur On The Road, Ini Alasannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya