PSI Jadi Partai Kelima yang Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada 2018

PSI sudah jatuh cinta dengan kinerja Ridwan Kamil sejak lama

Jakarta, IDN Times -  Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung pasangan RINDU (Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum) sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018, hari ini, Jumat (2/3). 

Bagi PSI keduanya adalah sosok terbaik untuk Jawa Barat. Terlebih,  Kang Emil, sapaan akrab Ridwan, di mata PSI punya prestasi gemilang sebagai Wali Kota Bandung. Apalagi alasan lain partai baru itu menjatuhkan pilihan kepada Kang Emil?

1. Sejak lama incar Ridwan Kamil

PSI Jadi Partai Kelima yang Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada 2018IDN Times/Linda Juliawanti

Ketua Umum PSI, Grace Natalie, mengatakan sudah sejak lama ia mengincar Ridwan Kamil untuk diberi dukungan di Pilkada. 

"Sejak dua atau tiga tahun lalu Kang Emil sudah ada di radar kami. Ketika Kang Emil mau maju kita gak tahu-tahu lagi, teman-teman PSI di daerah sudah rapat, langsung kita sepakat dukung Kang Emil," ujar Grace di Kantor PSI, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (2/3).

Baca juga: 4 Partai Resmi Usung Ridwan Kamil-Uu untuk Pilkada Jabar

2. Jatuh cinta dengan kinerja Ridwan Kamil

PSI Jadi Partai Kelima yang Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada 2018IDN Times/Linda Juliawanti

Menurut Grace, PSI jatuh cinta dengan kinerja Emil. Menurutnya kepala daerah semacam Kang Emil perlu diperbanyak. 

"Indonesia sangat membutuhkan para kepala daerah yang kaya ide dan kreativitas. Mengelola wilayah membutuhkan imajinasi, bukan kesempitan cara berpikir. Sosok Kang Emil mewakili sosok semacam itu," kata Grace.

Ia juga mengingatkan, banyak daerah memiliki potensi luar biasa, baik dalam soal sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Hal yang dibutuhkan adalah pemimpin yang mampu mengarahkan dan mengelola.

"Ratusan penghargaan yang diterima Kota Bandung menjadi bukti," kata dia.

3. Borong penghargaan untuk Bandung

PSI Jadi Partai Kelima yang Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada 2018IDN Times/YouTube.com

Selain itu, Grace juga mengatakan, di tangan Kang Emil, Bandung berlimpah penghargaan. Bahkan, penghargaan diberi di skala internasional.

"Setelah menyabet piala Adipura tiga tahun berturut-turut, Bandung mengukir sejarah baru dengan menerima penghargaan di level ASEAN dalam kategori Kota Metropolitan dengan Kualitas Udara Terbersih dan Terjaga (Clean Air Award for Big City), di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, pada 12 September 2017 lalu," kata dia.

Prestasi lain adalah soal penganggaran, Kang Emil menerapkan e-budgeting untuk menghindari penilapan anggaran. Penerapan sistem digital ini bisa menghemat anggaran hingga Rp 1 triliun per tahun.

"Kami punya visi indonesia lebih keren ketika ada orang yg kompeten masuk ke sistem. Kami yakin pekerjaan Kang Emil di Bandung bisa diperluas," katanya.

Baca juga: Pemimpin Populer, Inilah 10 Style Modis Ridwan Kamil

4. PSI jadi partai ke-5 yang sah dukung pasangan RINDU

PSI Jadi Partai Kelima yang Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada 2018ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dukungan PSI terhadap pasangan RINDU di Pilkada Jabar, menambah jajaran pendukungnya. Jika sebelumnya, didukung empat partai, PSI jadi partai kelima yang dukung pasangan RINDU. Empat partai lain yang telah mendukung paslon RINDU adalah PPP, PKB, Nasdem dan Hanura.

Empat partai tersebut adalah PPP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

"Hatur nuhun (terima kasih) atas dukungan PSI kepada kami. Ini dukungan yang sangat berarti menambah semangat kami untuk menjadi Jabar juara dalam berbagai sektor seperti pendidikan, agama, ekonomi, kesehatan, budaya, transportasi, pariwisata, dan kualitas lingkungan hidup," ujar Ridwan Kamil.

Baca juga: Ini 5 Alasan Golkar Cabut Dukungan pada Ridwan Kamil

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya