KPK Salah Kirim Surat Panggilan untuk Anak Setya Novanto? Ini Penjelasannya

Benar gak ya?

Jakarta, IDN Times - Putri tersangka dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Dwina Michaella, yang harusnya menghadiri panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (24/11), ternyata tak juga terlihat kehadirannya.

Rencananya Dwina diminta KPK untuk menjadi saksi dari tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo.

Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengatakan Dwina tak hadir lantaran memang tidak ada surat panggilan terhadap anak dari kliennya.

"Surat panggilannya juga gak ada," kata Fredrich saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Jumat (24/11).

Baca juga: Anak Setya Novanto Mangkir dari Panggilan KPK 

KPK Salah Kirim Surat Panggilan untuk Anak Setya Novanto? Ini PenjelasannyaIDN Times/Vanny El Rahman

Menurutnya, surat pemanggilan yang dikirim KPK untuk saksi Dwina Michaela salah alamat. Dengan demikian, pihak Dwina tidak menerima surat tersebut.

"Belum, karena alamatnya kan salah dia kirimnya ke kediamannya Pak Novanto. Beliau kan sudah gak tinggal di sana, anak-anaknya kan sudah punya rumah masing masing. Jadi belum diterima," lanjutnya. 

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengaku pihak penyidik KPK sudah mengirimkan surat pemanggilan secara layak terlepas dari salah alamat atau tidaknya. 

"Surat sudah dikirimkan secara patut ke rumah SN di jalan Wijaya. Sebelumnya saat tersangka SN diperiksa juga sudah disampaikan akan ada surat  panggilan untuk Dwina yang disampaikan ke rumah di jalan Wijaya yakni rumah dari orang tua yang bersangkutan," ujar Febri saat dikonfirmasi terpisah.

KPK Salah Kirim Surat Panggilan untuk Anak Setya Novanto? Ini PenjelasannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Febri menyatakan pihaknya menanti kesadaran dari yang bersangkutan untuk datang dan kooperatif memenuhi panggilan. 

"Kalau pun ada tempat tinggal lain yang belum diketahui tentu kita dapat melakukan pencarian terhadap saksi tersebut. Namun kami harap juga agar saksi yang dipanggil jika mengetahui dapat berinisiatif datang ke KPK atau menghubungi kpk atau melalui tim kuasa hukumnya," tutup Febri.

Setya Novanto kembali datangi KPK

Jika putrinya mangkir, Setya Novanto ternyata kembali menjalani pemeriksaan sebagai saksi dari tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharjo.

"(Pemeriksaan) untuk Anang," kata Setya Novanto dengan tertunduk saat melangkah menuju mobil tahanan, Jumat (24/11).

KPK Salah Kirim Surat Panggilan untuk Anak Setya Novanto? Ini PenjelasannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Pantauan IDN Times, Ketua DPR RI Nonaktif ini tampak memasuki Gedung KPK sekitar pukul 13.10 WIB dan keluar pukul 16.15 WIB. Tak seperti pemeriksaan sebelumnya, Setnov tampak lebih sehat dan tak lagi pucat.

Diketahui, sudah empat kali Novanto diperiksa KPK baik sebagai tersangka maupun sebagai saksi untuk ASS. Pemeriksaan tersebut dimulai sejak dirinya dijemput penyidik KPK dari RSCM ke Rutan Klas 1 KPK.

Baca juga: Polisi dan KPK Tunjukan Dua Sketsa Diduga Pelaku Penyiraman Novel Baswedan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya