Selama Asian Games Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk GBK

Agar tidak banyak polusi

Jakarta, IDN Times - Asian Games 2018 akan segera digelar. Persiapan demi persiapan terus digodok panitia penyelenggara agar kemeriahan Asian Games dapat dirasakan seluruh masyarakat. 

Panitia dan sejumlah pihak juga sepakat untuk membuat aturan yang cukup keras demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama acara berlangsung. 

1. Seluruh kendaraan dilarang parkir di GBK

Selama Asian Games Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk GBKIDN Times/Helmi Shemi

Presiden Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir, memastikan penyelenggaraan pesta olahraga tersebar se-Asia akan ramah lingkungan. Untuk membuktikannya, Erick sepakat bahwa  kendaraan pribadi dilarang masuk dan parkir di kawasan Gelora Bung Karno.

"Kemarin banyak sekali yang bertanya kepada saya 'kok GBK ga boleh masuk mobil?', maka tidak salahnya mengurangi penggunaan kendaraan di area GBK dengan berjalan kaki," kata Erick di Media Center Stadion GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/3).

Baca juga: Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa

2. Biasakan masyarakat naik transportasi umum

Selama Asian Games Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk GBKIDN Times/Helmi Shemi

Larangan masuknya kendaraan pribadi ke komplek GBK juga diamini oleh Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek GBK, Winarto.

Menurutnya, larangan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membiasakan masyarakat naik kendaraan umum.

"Kita lihat sekarang Pemprov DKI mendorong pedestarian, menyempitkan mobil, tujuannya mendorong kita menggunakan publik transportasi. Karena kalau pakai mobil akan susah masuk dan keluarnya karena di gerbang Pemuda, Asia Afrika, dan Pintu 1 itu tidak boleh ada kendaraan masuk saat Asian Games berlangsung," ujar dia.

3. Membantu menjaga bumi

Selama Asian Games Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk GBKIDN Times/Helmi Shemi

Winarto mengatakan berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor dapat berdampak baik bagi bumi, terutama dalam upaya mengurangi polusi udara.

"Ini semua tentu impact-nya mengurangi emisi karbon co di Jakarta secara signifikan, karena Asian Games dua minggu itu akan signifikan sekali mengurangi polusi udara dan membuat bumi lebih sehat," tuturnya.

Baca juga: Mengintip Persiapan Venue Balap Sepeda Asian Games 2018

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya