40 Kilogram Sabu Dimusnahkan, Begini Tahapannya

Bikin nge-fly gak ya?

Jakarta, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 40 kilogram lebih narkotika jenis sabu yang berasal dari jaringan Malaysia, Jumat (26/1). Proses pembakaran sabu tersebut dilakukan di lapangan Parkir BNN, Cawang, Jakarta Timur.  Pemusnahan ini dilakukan melalui beberapa prosedur yang tidak boleh dilewatkan satu pun tahapannya.

1. Pemusnahan harus disaksikan oleh berbagai perwakilan

40 Kilogram Sabu Dimusnahkan, Begini TahapannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Deputi Penindakan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan pemusnahan barang bukti sabu ini, wajib disaksikan oleh sejumlah pihak. "Sesuai SOP kami, pemusnahan harus dihadiri pejabat yaitu penyidik, penutunt umum, jaksa, dan pengacara, wartawan, serta tersangka," ujar Arman saat menggelar konferensi pers pemusnahan sabu di Gedung BNN, Jumat (26/1). 

Kehadiran pihak yang disebutkan Arman, dilakukan untuk memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat dan negara bahwa pemusnahan barang bukti yang dilakukan BNN sudah sesuai dengan prosedur. 

"Jadi tidak ada tuduhan bahwa barang bukti narkoba yang sudah BNN disita itu beredar lagi di luar atau ada bahasa yang diputar, dijual apalagi dipakai. Nggak ada itu langsung kita musnahkan," kata dia. 

2. Sebelum dimusnahkan, barang bukti diuji di laboratorium

40 Kilogram Sabu Dimusnahkan, Begini TahapannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Sebelum barang bakti benar-benar dimusnahkan, Arman mengatakan sabu tersebut dilakukan uji laboratorium terlebih dulu. Hal ini berfungsi untuk membuktikab keaslian sabu yang akan dihancurkan.

"Pengujian laboratorium ini perlu, mulai dari uji menyeluruh sampai uji lapangan dengan disaksikan perwakilan dari sejumlah pihak tadi. Bungkusan sabu dipilih secara acak untuk dilakukan uji lapangan, sehingga disimpulkan bahwa barbuk tersebut benar sabu," jelasnya. 

3. Proses pembakaran dimulai menggunakan mesin pemusnah

40 Kilogram Sabu Dimusnahkan, Begini TahapannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Setelah uji laboratorium, sabu tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan mesin pemusnah bernama incinerators. Pembakaran dalam mesin berwarna biru ini terdiri dari beberapa tahapan.

Setelah mesin dinyalakan, barang bukti yang dimusnahkan masuk di bilik pertama. Masing-masing perwakilan tadi bertugas memasukan barang bukti kedalam mesin tersebut. 

"Sabu dimasukkan dalam incinerator lalu dibakar dalam suhu lebih dari 1000 derajat celcius. Saat terjadi pembakaran, dan asapnya mulai naik, akan dibakar lagi, sampai di atas terurai semuanya agar netral," kata dia.

Pembakaran tersebut memerluka waktu selama empat puluh lima menit. Untuk satu kali pembakaran, masin pemusnah mampu menampung 10 kilogram.

Baca juga: Polisi Buru Pemasok Narkoba Sabu ke Tio Pakusadewo

4. Hasil akhir berupa abu

40 Kilogram Sabu Dimusnahkan, Begini TahapannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Tak seperti dugaan selama ini, proses pembakaran ternyata tak menimbulkan asap yang membuat pusing. Asap yang dihasilkan ternyata sama seperti aroma vape atau sejenisnya.

Asap yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak, bahkan cenderung tidak ada. Adapun hasil akhir dari pembakaran berupa abu yang nyaris tidak tampak. "Hasil akhirnya berupa abu, yang kemudian akan dibuang ke tempat khusus," kata salah satu petugas BNN yang melakukan proses pembakaran. 

Diberitakan sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu yang berasal dari sindikat Malaysia melalui jalur laut. Pada kasus tersebut, petugas menyita Sabu seberat 40.230 gram. 

"Dengan pemusahan barang bukti Shabu seberat 40,190 kg, maka setidaknya BNN telah menyelamatkan iebih dari 200 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba," ujar Arman.

Baca juga: Sabu 40 kg Dimusnahkan, Pelaku Terancam Hukuman Mati

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya